<< *** SAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN 1445 H - 2024 M *** SEMOGA DIBERIKAN KEKUATAN LAHIR DAN BATIN UNTUK MENJALANKAN IBADAH PUASA PENUH DI BULAN RAMADHAN >>

PENYUSUNAN KISI-KISI SOAL

Posted by VIRTUAL PENDAMPINGAN on Saturday, February 3, 2018


1. Pengertian kisi-kisi

Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks berisi informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal menggunakan satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan.

2. Syarat kisi-kisi

Kisi-kisi tes prestasi akademik harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
  • Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami.
  • Indikator soal harus jelas dan dapat dibuat soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.



3. Komponen kisi-kisi

Komponen-komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi disesuaikan dengan tujuan tes. Komponen kisi-kisi terdiri atas komponen identitas dan komponen matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks. Komponen identitas meliputi jenis/jenjang sekolah, program studi/jurusan, mata pelajaran, tahun ajaran, kurikulum yang diacu, alokasi waktu, jumlah soal, dan bentuk soal. Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, level kognitif, dan nomor soal.
Langkah-langkah menyusun kisi-kisi:

  1. menentukan KD yang akan diukur;
  2. memilih materi yang esensial;
  3. merumuskan indikator yang mengacu pada KD dengan memperhatikan materi dan level kognitif.
Kriteria pemilihan materi yang esensial:
  • lanjutan/pendalaman dari satu materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
  • penting harus dikuasai peserta didik.
  • sering diperlukan untuk mempelajari mata pelajaran lain.
  • berkesinambungan pada semua jenjang kelas.
  • memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.
4. Indikator Soal


Indikator Soal dijadikan acuan dalam membuat soal. Di dalam indikator tergambar level kognitif yang harus dicapai dalam KD. Kriteria perumusan indikator:
  • Memuat ciri-ciri KD yang akan diukur.
  • Memuat kata kerja operasional yang dapat diukur (satu kata kerja operasional untuk soal pilihan ganda, satu atau lebih dari satu kata kerja operasional untuk soal uraian).
  • Berkaitan dengan materi/konsep yang dipilih.
  • Dapat dibuat soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.
Komponen-komponen indikator soal yang perlu diperhatikan adalah subjek, perilaku yang akan diukur, dan kondisi/konteks/stimulus.

5. Level Kognitif

Level kognitif merupakan tingkat kemampuan peserta didik secara individual maupun kelompok yang dapat dijabarkan dalam tiga level kognitif. Level 1 menunjukkan tingkat kemampuan yang rendah yang meliputi pengetahuan dan pemahaman (knowing), level 2 menunjukkan tingkat kemampuan yang lebih tinggi yang meliputi penerapan (applying), dan level 3 menunjukkan tingkat kemampuan tinggi yang meliputi penalaran (reasoning). Pada level 3 ini termasuk tingkat kognitif analisis, sintesis, dan evaluasi. Gambaran kemampuan peserta didik yang dituntut pada setiap level kognitif terdapat pada penjelasan berikut.

Level 3 : Peserta didik pada level ini memiliki kemampuan penalaran dan logika (Reasoning).
  • Memperlihatkan pengetahuan dan pemahaman yang luas terhadap materi pelajaran dan dapat menerapkan gagasan-gagasan dan konsep-konsep dalam situasi yang familiar, maupun dengan cara yang berbeda.
  • Menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi gagasan-gagasan dan informasi yang faktual.
  • Menjelaskan hubungan konseptual dan informasi yang faktual.
  • Menginterpretasi dan menjelaskan gagasan-gagasan yang kompleks dalam pelajaran.
  • Mengekspresikan gagasan-gagasan nyata dan akurat dengan menggunakan terminologi yang benar.
  • Memecahkan masalah dengan berbagai cara dan melibatkan banyak variabel.
  • Mendemonstrasikan pemikiran-pemikiran yang original.
Level 2 : Peserta didik pada level ini memiliki kemampuan aplikatif (Applying).
  • Memperlihatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap materi pelajaran dan dapat mengaplikasikan gagasan-gagasan dan konsep-konsep dalam konteks tertentu.
  • Menginterpretasi dan menganalisis informasi dan data.
  • Memecahkan masalah-masalah rutin dalam pelajaran.
  • Menginterpretasi grafik-grafik, tabel-tabel, dan materi visual lainnya.
  • Mengkomunikasikan dengan jelas dan terorganisir penggunaan terminologi.


Level 1: Peserta pada level ini memiliki kemampuan standar minimum dalam menguasai pelajaran (Knowing)
  • Memperlihatkan ingatan dan pemahaman dasar terhadap materi pelajaran dan dapat membuat generalisasi yang sederhana.
  • Memperlihatkan tingkatan dasar dalam pemecahan masalah dalam pembelajaran, paling tidak dengan satu cara.
  • Memperlihatkan pemahaman dasar terhadap grafik-grafik, label-label, dan materi visual lainnya.
  •  Mengkomunikasikan fakta-fakta dasar dengan menggunakan terminologi yang sederhana.
Pada tabel berikut disajikan dimensi proses kognitif dan kata kerja operasional yang dapat digunakan untuk merumuskan indikator berdasarkan taksonomi Bloom yang telah direvisi. Dimensi proses kognitif ini dikelompokkan ke dalam tiga level kognitif, yaitu:
• Level 1: mengingat (C1) dan memahami (C2),
• Level 2: mengaplikasikan (C3),
• Level 3: menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6)


No
Dimensi Proses Kognitif dan Kategori
Kata Kerja Operasinal untuk
Perumusan Indikator/Tujuan
1
Mengingat (C1)
Pengertian: Mengambil pengetahuan dari memori jangka panjang

1.1. Mengenali
menyebutkan, menunjukkan, memilih, mengidentifikasi

1.2. Mengingat Kembali
mengungkapkan kembali, menuliskan kembali, menyebutkan kembali
2
Memahami (C2)
Pengertian: Mengkonstruk makna dari materi pembelajaran, termasuk apa yang diucapkan, ditulis, dan digambar oleh guru

2.1. Menafsirkan
menafsirkan, memparafrasekan, mengungkapkan dengan kata-kata sendiri

2.2. Mencontohkan
mencontohkan, memberi contoh

2.3. Mengklassifikasikan
mengklassifikasikan, mengkelompok-kelompokkan, mengidentifikasi berdasarkan kategori tertentu

2.4. Merangkum
merangkum, meringkas, membuat ikhtisar

2.5. Menyimpulan
menyimpulkan, mengambil kesimpulan

2.6. Membandingkan
membandingkan, membedakan

2.7. Menjelaskan
menjelaskan, menguraikan, mendeskripsikan, menuliskan

Mengaplikasikan (C3)
Pengertian: Menerapkan atau menggunakan suatu prosedur dalam keadaan tertentu

3.1. Mengeksekusi
menghitung, melakukan gerakan, menggerakkan, memperagakan sesuai prosedur/teknik

3.2. Mengimplementasikan
mengimplementasikan, menerapkan, menggunakan, memodifikasi, menstransfer

Menganalisis (C4)
Pengertian: Memecah-mecah materi jadi bagian-bagian penyusunnya dan menentukan hubungan-hubungan antarbagian itu dan hubungan antara bagian-bagian tersebut dan keseluruhan struktur atau tujuan

4.1. Membedakan
membedakan, menganalisis perbedaan

4.2. Mengorganisasi
mengorganisasikan, membuat diagram, menunjukkan bukti, menghubungkan

4.3. Mengatribusikan
menganalisis kesalahan, menganalisis kelebihan, menunjukkan sudut pandang

Mengevaluasi (C5)
Pengertian: Mengambil keputusan berdasarkan kriteria dan atau standar

5.1. Memeriksa
memeriksa, menunjukkan kelebihan, menunjukkan kekurangan, membandingkan

5.2. Mengkritik
menilai, mengkritik

Mencipta (C6)
Pengertian: Memadukan bagian-bagian untuk membentuk sesuatu yang baru dan koheren atau untuk membuat suatu produk yang orisinal

6.1. Merumuskan
Merumuskan

6.2. Merencanakan
merencanakan, merancang, mendisain

6.3. Memproduksi
memproduksi, membuat

Contoh FORMAT KISI-KISI SOAL

Jenjang Pendidikan       : SMP/MTs
Mata Pelajaran              : IPA
Tahun Pelajaran            : 2017/2018
Kurikulum                      : 2013
Kelas                            : IX
Alokasi Waktu               : 120 menit
Jumlah Soal                  : 40

Bentuk Soal                  : 35 Pilihan Ganda (PG) + 5 Uraian
Penyusun                     : ....................



No
Kompetensi Dasar
Kelas/Smt
Materi
Indikator Soal
Level Kognitif
No Soal
Bentuk Soal









































Kisi-kisi USBN SMP 2017/2018  
Mata pelajaran Kelompok A (PAPB, PPKn, Bhs Indonesia, Bhs Inggris, IPA, IPS, Matematika)  download di sini

Kisi-kisi USBN SMP 2017/2018  Mata pelajaran Kelompok B (Seni Budaya, TIK, Prakarya, PJOK) download di sini






Blog, Updated at: February 03, 2018

0 komentar:

Post a Comment

VIDEO TUTORIAL DAN PEMBAHASAN SOAL

VIDEO TUTORIAL DAN PEMBAHASAN SOAL
Silahkan lihat video tutorial di Channel Saya

Profil Saya

FORUM GURU PENGGERAK

 
FORUM GURU PENGGERAK
Public group · 95 members
Join Group
Group ini diharapkan menjadi media tempat berbagi dan eksplorasi pengetahuan, pengalaman dan praktik Guru Penggerak untuk Indonesia Maju.
 

Search Artikel

JADWAL WAKTU SHOLAT


>> Sesuaikan jadwal dengan Klik drop-down Kota/Kab Anda >> Waktu imsak 10 menit sebelum waktu Shubuh

Followers

Statistik Blog

Online Real Time

CB