Mengacu
kepada panduan penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan tahun 2017, nilai
pengetahuan didapatkan dari 3 teknik penilaian, yaitu:
a.
Nilai Tes Tulis
(dapat berupa soal PG, Uraian, isian, menjodohkan, B/S)
b.
Nilai Tes Lisan
c.
Nilai Tugas
Ketiga
teknik penilaian di atas dilakukan untuk setiap KD pengetahuan. Jika ketiga
teknik ini dilakukan pada satu KD tertentu (misal KD 3.3) maka niai akhir KD
tersebut (KD 3.3) yang kemudian disebut dengan hasil penilaian harian (HPH)
merupakan rata-rata dari seluruh nilai dengan pembobotan atau dengan tidak
menggunakan pembobotan.
Contoh
dengan pembobotan: HPH = ((2 x nilai tulis) + nilai lisan + nilai tugas) : 4
Contoh
dengan rata-rata: HPH = (nilai tulis + nilai lisan + nilai tugas) : 3
Begitupun
penilaian yang sama dilakukan untuk setiap KD pengetahuan di satu semester.
Pertanyaan yang sering dilontarkan guru; apakah setiap KD pengetahuan harus
dinilai dengan ketiga teknik penilaian tersebut? Jawabnya TIDAK HARUS. Minimal
ada 1 teknik penilaian dilakukan di setiap KD yang dipastikan dapat mengukur
pemahaman peserta didik di KD tersebut.
Untuk
membantu guru mata pelajaran merekap nilai pengetahuan, silahkan download
format penilaian pengetahuan yang dapat digunakan sekaligus untuk mengolah
nilai akhir (nilai Raport) sebelum dilakukan entri nilai di e-raport.
Selain
melakukan penilaian harian (PH) dari setiap KD pengetahuan satu semester di
atas, guru mata pelajaran juga harus melakukan penilaian tengah semester (PTS)
dan penilaian akhir semester (PAS), sehingga ada 3 komponen hasil penilaian
untuk mendapatkan hasil penilaian akhir (HPA) pengetahuan yaitu hasil penilaian
harian (HPH), hasil penilaian tengan semester (HPTS) dan hasil penialain akhri
semester (HPAS). HPA dapat dihitung dengan cara merata-rata secara langsung
HPH, HPTS, dan HPAS; atau dihitung dengan memberikan pembobotan.
Contoh
dengan rata-rata : HPA = (HPH + HPTS + HPAS) : 3
Contoh
dengan pembobotan: HPA = ((2 x HPH) + HPTS + HPAS) : 4 atau dengan pembobotan
yang lain
0 komentar:
Post a Comment