CARA MEMBUAT KUIS-SOAL-INSTRUMEN DENGAN TOKEN
MENGGUNAKAN GOOGLE FORM
Pengen bisa
bikin soal online seperti gambar di samping? Ikuti langkah-langkah detil cara
membuatnya berikut ini!
Google form merupakan salah satu fitur google
drive yang disediakan bagi Anda untuk membuat kuisioner seperti instrumen
penelitian, monitoring dan evaluasi, bahkan untuk membuat kuis atau instrumen
penilaian pembelajaran. Untuk bisa memanfaatkan fitur ini hanya dibutuhkan
alamat email yang aktif untuk login ke akun Anda di google kemudian buka google
drive di akun Anda tersebut.
Kuisioner google form dapat berisi teks, tabel,
gambar/grafik (jpeg atau png), dan video. Sedangkan pilihan isian data dapat
berupa teks singkat, teks panjang (paragraf), pilihan ganda, kotak centang,
drop-down, skala linear, kisi pilihan ganda, petak kotak centang, tanggal,
waktu, dan upload file. Semuanya dapat digunakan sesuai dengan jenis jawaban
yang kita inginkan.
Kuisioner dengan google form ini dapat
dibagikan kepada responden dalam 3 format yang dapat dipilih sesuai kebutuhan
kita. Kuisioner dapat dibagikan dengan akses alamat email responden, atau link
yang dapat diakses responden, atau kuisioner disematkan (embeded) dalam
laman atau webblog kita. Hasil penilaian/pendataan dari google form dapat
diunduh dalam bentuk file excel yang dapat dijadikan dasar keperluan analisis
hasilnya.
Kali ini akan dibahas bagaimana cara membuat
kuis atau alat penilaian berupa soal pilihan ganda.
Sebelum Anda memulai
lakukan persiapan sebagai berikut:
1. Naskah soal pilihan ganda dalam office word
format doc atau docx yang akan dibuat dalam google form.
2. Kunci jawaban soal pilihan ganda tersebut
3. Kumpulkan file-file tersebut dalam 1 folder
untuk memudahkan mencari dan menemukannya.
4. Siapkan aplikasi snipping tool yang merupakan
aplikasi bawaan windows (biasanya ada di menu windows accessories) yang akan
digunakan untuk proses print screen gambar, grafik, atau teks pajang berupa
pernyataan, paragraf, dialog, dan sejenisnya.
5. Browser yang telah terkoneksi jaringan
internet, bisa menggunakan google chrom, mozilla, internet explorer, dan
browser lainnya.
6. Alamat email aktif dan passwordnya.
1. Buka terlebih
dahulu file soal pilihan ganda yang telah disiapkan dan file kunci jawabanya.
2. Buka browser
anda: misalnya
> buka mozilla
> ketik google di bar pencarian
3. Setelah laman
google terbuka, lakukan:
> login akun dengan klik sign-in
> choose an account. Pilih alamat email Anda yang sudah tertera, atau
pilih
> use another account
> ketik email Anda
> next
> password
Terkadang setelah itu muncul permintaan konfirmasi sistem pengaman
alamat email Anda seperti muncul nomor HP dan alamat email untuk recovery
password jika lupa. Jika data tersebut benar, maka tinggal
> klik confirm.
Dan sekarang Anda telah masuk akun google Anda (terlihat ada singkatan
nama atau poto Anda di pojok kanan atas browser)
4. Bersiap masuk
google drive dengan
> klik titik 9 di pojok kanan atas,
Di dalam Drive kita perlu buat folder yang kita siapkan untuk menyimpan
file soal-soal yang kita buat supaya mudah untuk menemukannya di masa akan
datang. Fungsi folder ini sama seperti folder di laptop yang berisi file-file
sejenis yang dikelompokkan di dalamnya.
5. Untuk membuat
folder dari Drive
>
klik + Baru
>
Folder
6. Anda juga bisa
mengubah warna folder kumpulan soal ini supaya lebih mudah dikenali dengan
> klik
kanan folder kumpulan soal
> ubah
warna
> klik warna yang
dikehendaki.
7. Sekarang buka
folder kumpulan soal dengan cara
> klik
dua kali dan terlihat belum ada file di dalamnya (masih kosong). Kemudian
> klik
+ Baru
>
lainnya
>
google formulir.
Sudah
terbuka dan terlihat “Formulir tanpa judul” ganti dengan
> ketik
judul kuis Anda misalnya: Penilaian Akhir Tahun (PAT) IPA Kelas 7. Dan di
sebelah kiri atasnya nama file tertulis “Formulir tanpa judul”
> klik
Formulir tanpa judul sehingga akan terisi nama file yang sama dengan judul kuis
Anda yaitu Penilaian Akhir Tahun (PAT) IPA Kelas 7
8. Membuat
pertanyaan pertama (lembar ke-2):
Perhatikan
baris/lembar ke-2 kuis ini terdapat tulisan “pertanyaan tanpa judul”.
> Ketik
di sini “Nama Siswa” dan isian dari pertanyaan ini secara otomatis akan
merujuk “teks jawaban singkat”.
Kemudian
Anda bisa menambahkan deskripsi untuk pertanyaan ini dengan cara
> klik
titik 3 di pojok kanan bawah baris ini
>
klik deskripsi
>
tulis deskripsi di bawah pertanyaan Nama Siswa misalnya dengan ketik “Tulis
nama kamu dengan lengkap”.
Kemudian
di pojok kanan bawah aktifkan tombol “wajib diisi” dengan cara
>
geser tombol ke kanan menjadi berwarna biru agar pertanyaan ini menjadi wajib
dijawab oleh siswa/responden.
9. Membuat pertanyaan ke-dua (lembar ke-3):
Dari
lembar sebelumnya,
> klik
tanda plus + yang ada di sebelah kanan lembar pertanyaan Nama Siswa, maka
muncul lembar baru bertuliskan “pertanyaan” dan ini akan muncul setiap kita
menambahkan lembar pertanyaan baru.
Kali
ini kita akan menambahkan kelas siswa dengan
> mengetik
di “pertanyaan” dengan tulis “Kelas” kemudian di sebelah kanannya
> ganti
option “pilihan ganda”
> klik
menjadi pilih “drop-down”.
Kemudian
isikan pilihan jawaban untuk kelas ini dengan
> ketik:
7 A, 7 B, 7 C, dan seterusnya sesuai jumlah kelas 7 di sekolah Anda, atau kelas
yang lain disesuaikan. Anda dapat
> menambahkan
deskripsi dengan cara yang sama seperti pertanyaan sebelumnya, dan
10. Membuat TOKEN (lembar
ke-4):
Tambahkan
lembar/baris baru dengan
> klik
tanda + di sebelah kanan pertanyaan lembar 3.
Dengan
cara seperti sebelumnya,
> ketikkan
TOKEN, sehingga jawaban di bawahnya berisi “jawaban teks singkat” kemudian
> klik
titik 3 di pojok kanan bawah,
> centang
“validasi respon” kemudian di bawah validasi respon
> ganti
“angka”dengan “teks”,
> ganti
“angka adalah” dengan “berisi” kemudian
> isi
“teks” dengan token yang akan kita pakai, misalnya “PAT7IPA” dan di sebelah
kanan
>
ketikkan “isi teks kesalahan khusus” dengan komentar ketika siswa salah
menuliskan token, misalnya
11. Membuat soal
nomor 1 (lembar ke-5):
>
Tambahkan lembar baru.
>
copy teks pokok soal nomor 1 (tidak termasuk pilihan jawaban soal) dari file word
soal pilihan ganda yang Anda siapkan.
>
paste di “pertanyaan” lembar ke-5 ini. Setelah pokok soal tertulis di lembar
ini, pastikan jenis jawaban di sebelah kanannya berupa “Pilihan ganda”
>
copy teks pilihan jawaban (sekaligus A, B, C, D) dari file soal.
12. Setelan google
form:
Geser
dan arahkan tampilan ke bagian paling atas kuis ini. Di bagian kanan atas
terdapat ikon tema, pratinjau, dan setelan.
>
klik setelan, maka ada 3 langkah yang harus dilalui yaitu: setelan umum,
presentasi dan kuis.
Setelan Umum:
Ada 4
setelan umum yang dapat dipilih dengan memberikan tanda centang (√) sebagai berikut:
> “kumpulkan
alamat email”: jika pilihan ini dicentang (√) maka setiap
siswa/responden wajib menuliskan alamat email yang aktif. Keuntungannya siswa
akan mendapatkan email hasil kuis dan analisisnya yang dikirim secara otomatis
melalui alamat email tersebut. Kelemahanya terkadang siswa tidak memiliki email
aktif atau belum familiar menggunakan alamat email. Sebaiknya pilihan ini tidak
perlu dicentang. Skor dan analisis hasil siswa masih dapat diperoleh siswa
dengan cara lain.
> “batasi
ke 1 tanggapan”: jika pilihan ini dicentang (√) maka
menyebabkan siswa hanya dapat 1 kali mengerjakan soal dan siswa akan diminta
login google sebelum mengerjakan kuis ini. Jika siswa akan diperkenankan
mengerjakan soal lebih dari 1 kali, maka pilihan ini jangan dicentang.
> “edit
setelah mengirimkan”: Jika pilihan ini dicentang (√) maka setelah
siswa selesai mengerjakan soal walaupun dibatasi hanya 1 tanggapan, siswa masih
dapat mengedit jawaban, mengganti jawaban yang salah untuk diganti jawaban yang
benar. Dan skor yang terrekam dalam file hasil penilaian adalah skor hasil edit
pekerjaan siswa terakhir. Sebaiknya pilihan ini jangan dicentang sehingga siswa
tidak dapat mengedit jawaban soal.
> “lihat
diagram ringkasan dan respon teks” disarankan tidak dicentang, karena jika
dicentang siswa akan dapat melihat semua respon jawaban siswa yang lain yang
telah mengisi kuis.
13. Setelan
presentasi
Ada 4
setelan umum yang dapat dipilih dengan memberikan tanda centang (√) sebagai berikut:
> “Tampilkan
status progres”: Jika
pilihan ini dicentang (√) maka siswa dapat melihat status
halaman yang sedang aktif dan jumlah halaman seluruhnya yang harus diisi. Sebaiknya
setelan ini dicentang.
> “Acak
urutan pertanyaan”: Jika
pilihan ini dicentang (√) maka urutan soal akan diacak
secara otomatis. Jika setiap soal Anda dilengkapi dengan nomor soal, maka nomor
soal tetap tidak berubah, tetapi urutnya menjadi acak dan tidak teratur. Jika
setelan ini akan digunakan, disarankan soal tidak dibubuhi nomor soal.
> “Tampilkan
link untuk menyerahkan tanggapan lain” setelan ini bisa dipilih jika pilihan “batasi ke 1 tanggapan” pada setelan umum TIDAK
dicentang. Setelan ini memberikan akses siswa untuk mengisi jawaban soal
berkali-kali dengan hasil yang seluruhnya terrekam dalam file hasil respon.
> “Pesan
konfirmasi:” digunakan untuk menuliskan teks yang akan muncul ketika siswa selesai
menjawab soal dan melakukan proses KIRIM/SUBMIT jawaban. Jika setelan ini tidak
diisi, maka secara otomatis pesan konfirmasi akan tertulis “Tanggapan Anda
telah direkam”.


14. Setelan Kuis
>
tombol geser: “Jadikan ini sebagai kuis”. Geser tombol ke kanan sehingga aktif
(berwarna biru)
“Rilis nilai”: ada 2 pilihan rilis nilai dimana siswa akan
dapat melihat skor hasil penilaian.
> “Segera setelah
setiap pengiriman” pilih ini dengan klik radio botton jika ingin siswa dapat
melihat skor langsung setelah proses KIRIM/SUBMIT.
> “Nanti, setelah
peninjauan manual” (Aktifkan koleksi email). Jika pilihan ini yang diaktifkan
(dengan cara klik radio botton) maka siswa tidak dapat melihat langsung skor
hasil penilaian. Setelan ini juga menyebabkan adanya keharusan pengisian alamat
email siswa pada awal kuis, dan memunculkan ospi “Rilis skor”pada lembar
tanggapan/respon di kuis kita ini. Kita dapat mengumumkan nilai/skor siswa
secara serentak dengan > klik Rilis skor dan mengirim skor untuk semua
alamat email siswa.
“Responden dapat
melihat:” ada 3 pilihan yang dapat dilihat siswa:
> “Pertanyaan tak
terjawab” pilih dengan dicentang (√) agar siswa dapat melihat soal yang
tidak terjawab.
> “Jawaban yang benar”
Jangan pilih setelan ini, agar siswa belajar lagi mencari sendiri jawaban soal
yang masih salah.
> “Nilai poin” pilih
dengan dicentang (√) agar siswa dapat melihat skor
hasil penilaian.
Semua pengaturan
setelan yang telah disetting akan berfungsi jika diakhiri dengan
15.Setelan
lainnya:
>
klik titik 3 di pojok kanan atas kuis,
>
klik preferensi sehingga muncul pop up “setelan default”
Di bagian Pertanyaan pilih dengan
mencentang:
> “Jadikan pertanyaan wajib”
dicentang agar semua pertanyaan menjadi wajib dijawab siswa.
> “Nilai poin
kuis default” centang pilihan ini, kemudian isikan point default dengan angka
1. Perlu diperhatikan: pastikan pertanyaan yang bukan soal ganti skor dengan 0
(nol).
Di setelan lainnya
Anda juga dapat menambahkan pengaturan pembatasan waktu penyelesaian soal dan
lain-lain, dengan menambahkan Add on dari pengembang pihak ke-3.
16. Membuat kunci jawaban:
Kembali
ke lembar soal nomor 1 (lihat point 11 di atas)
Lihat
di bagian kiri bawah lembar soal 1:
>
klik kunci jawaban
>
klik option sesuai kunci (A, B, C, atau D)
>
ubah point soal menjadi 1 jika masih 0 (nol)
>
klik selesai (di bagian kanan bawah)
17. Menyiapkan gambar dari soal.
Salah
satu kelemahan teks dalam google form adalah tidak dapat menampilkan teks dalam
garis baru. Enter dalam teks tidak berfungsi. Sehingga jika ada soal dalam
bentuk teks panjang seperti bacaan, pernyataan, dialog, ilustrasi, narasi, dan
sejenisnya perlu dijadikan gambar screen yang dapat ditempelkan dalam soal. Begitupun
soal dalam bentuk gambar, grafik, tabel dapat dimasukkan dalam soal.
Untuk
membuat print screen teks, gambar, grafik dll dapat dibantu dengan mudah
menggunakan aplikasi snipping tool bawaan windows. Cara aksesnya
sebagai berikut:
> klik
kanan “star windows”
> klik
search
>
ketik snipping tool (di kotak search bar)
>
klik kanan ikon snipping tool
>
klik pin to task bar (ikon snipping tool akan muncul di task bar di bagian
bawah layar laptop Anda)
Praktikkan
untuk membuat gambar dari soal
>
buka file soal bergambar dari file soal. Atur view soal sehingga cukup mudah
untuk dipoto screen
> klik
ikon snipping tool
>
klik new
>
drag bagian gambar yang dimaksud
18. Menambah gambar dalam soal
>
tambahkan lembar soal baru
>
copy paste teks soal dari file ke dalam pertanyaan di lembar soal google form
> klik
ikon image (di sebelah kanan teks soal) sehingga muncul windows “sisipkan
gambar”.
>
klik Cari, kemudian pilih gambar “soal-04” yang sudah tersimpan di folder.
>
klik open dan sekarang gambar telah tersemat di bawah teks soal.
>
Kemudian copy paste option jawaban
>
kemudian tentukan kunci jawaban (seperti langkah yang dijelaskan sebelumnya)
Anda juga dapat
menyematkan gambar pada pilihan jawaban soal dengan langkah-langkah penyisipan
gambar di atas.
19. Membuat batasan halaman soal.
Pada
dasarnya isi kuisioner ini dibedakan menjadi dua bagian yaitu bagian data siswa
dan bagian soal. Bagian ini dapat dipisahkan ke dalam 2 halaman yang berbeda. Apalagi
jika Anda menggunakan TOKEN, maka butir soal tidak boleh muncul sebelum siswa
memasukkan TOKEN dengan benar. Buatlah batasan halaman persis antara lembar
TOKEN dengan lembar soal no 1, dengan cara:
>
klik lembar yang ada TOKEN ( di dalam contoh ini lembar ke-4)
>
klik ikon tambahkan bagian ( di sebelah kanan bawah lembar ke-4 ini)
Maka muncul
bagian 2 bertuliskan “Bagian tanpa judul” tuliskan di sini “LEMBAR SOAL PAT”
Maka kuis
Anda telah terpisah dalam 2 halaman.
20. Publish dan sharing kuis atau soal
Jika
semua soal sudah selesai dibuat, maka sebelum Anda men-share soal perlu dilihat
dulu seperti apa tampilan/view soal yang telah dibuat, dengan cara
>
klik ikon pratinjau (ada di pojok kanan atas halaman awal soal). Jika semua
sudah sesuai lakukan
>
klik Kirim (ada di sebelah kanan pratinjau) untuk mendapatkan link alamat google
form soal Anda.
Ada 3
pilihan sharing file ini:
1. >
ikon email, jika Anda membagikan dengan menambahkan alamat email siswa.
2. >
ikon link, Jika Anda berbagi kepada siapapun yang mendapatkan link soal. Akan muncul
alamat URL panjang secara otomatis. URL ini dapat diperpendek dengan
>
centang kotak perpendek URL
>
Salin. Kemudian paste URL di file word untuk memudahkan Anda berbagi link di
platform media sosial group siswa atau yang lainya.
Cara
ini lebih disarankan karena paling mudah.
3. >
ikon embeded, jika soal Anda akan disematkan dalam web atau web-blog Anda.
21. Melihat hasil atau respon penilaian siswa:
Jika
soal soal diisi dan dikerjakan oleh siswa, maka Anda dapat melihat hasilnya
dari google form soal Anda ini. Lihat di bagian atas form Anda ini ada “Pertanyaan”
yang isinya soal-soal yang telah dibuat dengan langkah-langkah di atas, dan “Respon”
berisi hasil pengisian soal siswa.
>
klik respon
>
klik ikon membuat spreadsheet (berwarna hijau)
>
klik buat spreadsheet baru
>
klik buat. Hasilnya akan berupa file excel berisi respon dan jawaban siswa yang
dapat didownload dengan cara:
>
klik File
>
download
> Microsoft
excel
>
simpan berkas
SELESAI
SEMOGA BERMANFAAT.
Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan dalam kolom komentar di bawah
Terimakasih
SEMOGA BERMANFAAT.
Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan dalam kolom komentar di bawah
Terimakasih
Terima kasih...sangat bermanfaat...
ReplyDelete