<< *** SAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN 1445 H - 2024 M *** SEMOGA DIBERIKAN KEKUATAN LAHIR DAN BATIN UNTUK MENJALANKAN IBADAH PUASA PENUH DI BULAN RAMADHAN >>

TUTORIAL LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT SOAL-KUESIONER DENGAN GOOGLE FORM

Posted by VIRTUAL PENDAMPINGAN on Tuesday, April 14, 2020

CARA MEMBUAT KUIS-SOAL-INSTRUMEN DENGAN TOKEN MENGGUNAKAN GOOGLE FORM

Pengen bisa bikin soal online seperti gambar di samping? Ikuti langkah-langkah detil cara membuatnya berikut ini!



 
Google form merupakan salah satu fitur google drive yang disediakan bagi Anda untuk membuat kuisioner seperti instrumen penelitian, monitoring dan evaluasi, bahkan untuk membuat kuis atau instrumen penilaian pembelajaran. Untuk bisa memanfaatkan fitur ini hanya dibutuhkan alamat email yang aktif untuk login ke akun Anda di google kemudian buka google drive di akun Anda tersebut.
Kuisioner google form dapat berisi teks, tabel, gambar/grafik (jpeg atau png), dan video. Sedangkan pilihan isian data dapat berupa teks singkat, teks panjang (paragraf), pilihan ganda, kotak centang, drop-down, skala linear, kisi pilihan ganda, petak kotak centang, tanggal, waktu, dan upload file. Semuanya dapat digunakan sesuai dengan jenis jawaban yang kita inginkan.

Kuisioner dengan google form ini dapat dibagikan kepada responden dalam 3 format yang dapat dipilih sesuai kebutuhan kita. Kuisioner dapat dibagikan dengan akses alamat email responden, atau link yang dapat diakses responden, atau kuisioner disematkan (embeded) dalam laman atau webblog kita. Hasil penilaian/pendataan dari google form dapat diunduh dalam bentuk file excel yang dapat dijadikan dasar keperluan analisis hasilnya.
Kali ini akan dibahas bagaimana cara membuat kuis atau alat penilaian berupa soal pilihan ganda. 

Sebelum Anda memulai lakukan persiapan  sebagai berikut:
1. Naskah soal pilihan ganda dalam office word format doc atau docx yang akan dibuat dalam google form.
2. Kunci jawaban soal pilihan ganda tersebut
3. Kumpulkan file-file tersebut dalam 1 folder untuk memudahkan mencari dan menemukannya.
4. Siapkan aplikasi snipping tool yang merupakan aplikasi bawaan windows (biasanya ada di menu windows accessories) yang akan digunakan untuk proses print screen gambar, grafik, atau teks pajang berupa pernyataan, paragraf, dialog, dan sejenisnya.
5. Browser yang telah terkoneksi jaringan internet, bisa menggunakan google chrom, mozilla, internet explorer, dan browser lainnya.
6.   Alamat email aktif dan passwordnya.


Langkah-langkah membuat kuis:
Anda dapat melihat Video tutorial klik di sini

1.    Buka terlebih dahulu file soal pilihan ganda yang telah disiapkan dan file kunci jawabanya.
2.    Buka browser anda: misalnya
      > buka mozilla
      > ketik google di bar pencarian
      > klik google.com

3.    Setelah laman google terbuka, lakukan:
     > login akun dengan klik sign-in
     > choose an account. Pilih alamat email Anda yang sudah tertera, atau pilih
     > use another account
     > ketik email Anda
     > next
     > password
     > next.


   Terkadang setelah itu muncul permintaan konfirmasi sistem pengaman alamat email Anda seperti muncul nomor HP dan alamat email untuk recovery password jika lupa. Jika data tersebut benar, maka tinggal
    > klik confirm.
    Dan sekarang Anda telah masuk akun google Anda (terlihat ada singkatan nama atau poto Anda di pojok kanan atas browser)
4.    Bersiap masuk google drive dengan
     > klik titik 9 di pojok kanan atas,
     > pilih Drive

    Di dalam Drive kita perlu buat folder yang kita siapkan untuk menyimpan file soal-soal yang kita buat supaya mudah untuk menemukannya di masa akan datang. Fungsi folder ini sama seperti folder di laptop yang berisi file-file sejenis yang dikelompokkan di dalamnya.

5.    Untuk membuat folder dari Drive
> klik + Baru
> Folder
> ketik nama folder (Misalnya: Kumpulan Soal)


6.    Anda juga bisa mengubah warna folder kumpulan soal ini supaya lebih mudah dikenali dengan
> klik kanan folder kumpulan soal
> ubah warna
> klik warna yang dikehendaki.

7.    Sekarang buka folder kumpulan soal dengan cara
> klik dua kali dan terlihat belum ada file di dalamnya (masih kosong). Kemudian
> klik + Baru
> lainnya
> google formulir.
Sudah terbuka dan terlihat “Formulir tanpa judul” ganti dengan
> ketik judul kuis Anda misalnya: Penilaian Akhir Tahun (PAT) IPA Kelas 7. Dan di sebelah kiri atasnya nama file tertulis “Formulir tanpa judul”
> klik Formulir tanpa judul sehingga akan terisi nama file yang sama dengan judul kuis Anda yaitu Penilaian Akhir Tahun (PAT) IPA Kelas 7



8.    Membuat pertanyaan pertama (lembar ke-2):
Perhatikan baris/lembar ke-2 kuis ini terdapat tulisan “pertanyaan tanpa judul”.
> Ketik di sini “Nama Siswa” dan isian dari pertanyaan ini secara otomatis akan merujuk “teks jawaban singkat”.

Kemudian Anda bisa menambahkan deskripsi untuk pertanyaan ini dengan cara
> klik titik 3 di pojok kanan bawah baris ini
> klik deskripsi
> tulis deskripsi di bawah pertanyaan Nama Siswa misalnya dengan ketik “Tulis nama kamu dengan lengkap”.
Kemudian di pojok kanan bawah aktifkan tombol “wajib diisi” dengan cara
> geser tombol ke kanan menjadi berwarna biru agar pertanyaan ini menjadi wajib dijawab oleh siswa/responden.





9.    Membuat pertanyaan ke-dua (lembar ke-3):
Dari lembar sebelumnya,
> klik tanda plus + yang ada di sebelah kanan lembar pertanyaan Nama Siswa, maka muncul lembar baru bertuliskan “pertanyaan” dan ini akan muncul setiap kita menambahkan lembar pertanyaan baru.
Kali ini kita akan menambahkan kelas siswa dengan
> mengetik di “pertanyaan” dengan tulis “Kelas” kemudian di sebelah kanannya
> ganti option “pilihan ganda”
> klik menjadi pilih “drop-down”.
Kemudian isikan pilihan jawaban untuk kelas ini dengan
> ketik: 7 A, 7 B, 7 C, dan seterusnya sesuai jumlah kelas 7 di sekolah Anda, atau kelas yang lain disesuaikan. Anda dapat
> menambahkan deskripsi dengan cara yang sama seperti pertanyaan sebelumnya, dan
> aktifkan juga tombol “wajib diisi”

10.    Membuat TOKEN (lembar ke-4):
Tambahkan lembar/baris baru dengan
> klik tanda + di sebelah kanan pertanyaan lembar 3.
Dengan cara seperti sebelumnya,
> ketikkan TOKEN, sehingga jawaban di bawahnya berisi “jawaban teks singkat” kemudian
> klik titik 3 di pojok kanan bawah,
> centang “validasi respon” kemudian di bawah validasi respon
> ganti “angka”dengan “teks”,
> ganti “angka adalah” dengan “berisi” kemudian
> isi “teks” dengan token yang akan kita pakai, misalnya “PAT7IPA” dan di sebelah kanan
> ketikkan “isi teks kesalahan khusus” dengan komentar ketika siswa salah menuliskan token, misalnya
> ditulis “Token kamu salah, mohon ketik ulang token dengan benar!”






11.    Membuat soal nomor 1 (lembar ke-5):
> Tambahkan lembar baru.
> copy teks pokok soal nomor 1 (tidak termasuk pilihan jawaban soal) dari file word soal pilihan ganda yang Anda siapkan.
> paste di “pertanyaan” lembar ke-5 ini. Setelah pokok soal tertulis di lembar ini, pastikan jenis jawaban di sebelah kanannya berupa “Pilihan ganda”
> copy teks pilihan jawaban (sekaligus A, B, C, D) dari file soal.
> paste di “opsi 1” di bawah pokok soal lembar ke-5 ini.

12.    Setelan google form:
Geser dan arahkan tampilan ke bagian paling atas kuis ini. Di bagian kanan atas terdapat ikon tema, pratinjau, dan setelan.
> klik setelan, maka ada 3 langkah yang harus dilalui yaitu: setelan umum, presentasi dan kuis.

Setelan Umum:

Ada 4 setelan umum yang dapat dipilih dengan memberikan tanda centang () sebagai berikut:
> “kumpulkan alamat email”: jika pilihan ini dicentang () maka setiap siswa/responden wajib menuliskan alamat email yang aktif. Keuntungannya siswa akan mendapatkan email hasil kuis dan analisisnya yang dikirim secara otomatis melalui alamat email tersebut. Kelemahanya terkadang siswa tidak memiliki email aktif atau belum familiar menggunakan alamat email. Sebaiknya pilihan ini tidak perlu dicentang. Skor dan analisis hasil siswa masih dapat diperoleh siswa dengan cara lain.
> “batasi ke 1 tanggapan”: jika pilihan ini dicentang () maka menyebabkan siswa hanya dapat 1 kali mengerjakan soal dan siswa akan diminta login google sebelum mengerjakan kuis ini. Jika siswa akan diperkenankan mengerjakan soal lebih dari 1 kali, maka pilihan ini jangan dicentang.
> “edit setelah mengirimkan”: Jika pilihan ini dicentang () maka setelah siswa selesai mengerjakan soal walaupun dibatasi hanya 1 tanggapan, siswa masih dapat mengedit jawaban, mengganti jawaban yang salah untuk diganti jawaban yang benar. Dan skor yang terrekam dalam file hasil penilaian adalah skor hasil edit pekerjaan siswa terakhir. Sebaiknya pilihan ini jangan dicentang sehingga siswa tidak dapat mengedit jawaban soal.
> “lihat diagram ringkasan dan respon teks” disarankan tidak dicentang, karena jika dicentang siswa akan dapat melihat semua respon jawaban siswa yang lain yang telah mengisi kuis.


13.    Setelan presentasi
Ada 4 setelan umum yang dapat dipilih dengan memberikan tanda centang () sebagai berikut:
> “Tampilkan status progres”: Jika pilihan ini dicentang () maka siswa dapat melihat status halaman yang sedang aktif dan jumlah halaman seluruhnya yang harus diisi. Sebaiknya setelan ini dicentang.
> “Acak urutan pertanyaan”: Jika pilihan ini dicentang () maka urutan soal akan diacak secara otomatis. Jika setiap soal Anda dilengkapi dengan nomor soal, maka nomor soal tetap tidak berubah, tetapi urutnya menjadi acak dan tidak teratur. Jika setelan ini akan digunakan, disarankan soal tidak dibubuhi nomor soal.
> “Tampilkan link untuk menyerahkan tanggapan lain” setelan ini bisa dipilih jika pilihan “batasi ke 1 tanggapan” pada setelan umum TIDAK dicentang. Setelan ini memberikan akses siswa untuk mengisi jawaban soal berkali-kali dengan hasil yang seluruhnya terrekam dalam file hasil respon.
> “Pesan konfirmasi:” digunakan untuk menuliskan teks yang akan muncul ketika siswa selesai menjawab soal dan melakukan proses KIRIM/SUBMIT jawaban. Jika setelan ini tidak diisi, maka secara otomatis pesan konfirmasi akan tertulis “Tanggapan Anda telah direkam”.



14.    Setelan Kuis
> tombol geser: “Jadikan ini sebagai kuis”. Geser tombol ke kanan sehingga aktif (berwarna biru)
“Rilis nilai”:  ada 2 pilihan rilis nilai dimana siswa akan dapat melihat skor hasil penilaian.
> “Segera setelah setiap pengiriman” pilih ini dengan klik radio botton jika ingin siswa dapat melihat skor langsung setelah proses KIRIM/SUBMIT.
> “Nanti, setelah peninjauan manual” (Aktifkan koleksi email). Jika pilihan ini yang diaktifkan (dengan cara klik radio botton) maka siswa tidak dapat melihat langsung skor hasil penilaian. Setelan ini juga menyebabkan adanya keharusan pengisian alamat email siswa pada awal kuis, dan memunculkan ospi “Rilis skor”pada lembar tanggapan/respon di kuis kita ini. Kita dapat mengumumkan nilai/skor siswa secara serentak dengan > klik Rilis skor dan mengirim skor untuk semua alamat email siswa.
“Responden dapat melihat:” ada 3 pilihan yang dapat dilihat siswa:
> “Pertanyaan tak terjawab” pilih dengan dicentang () agar siswa dapat melihat soal yang tidak terjawab.
> “Jawaban yang benar” Jangan pilih setelan ini, agar siswa belajar lagi mencari sendiri jawaban soal yang masih salah.
> “Nilai poin” pilih dengan dicentang () agar siswa dapat melihat skor hasil penilaian.
Semua pengaturan setelan yang telah disetting akan berfungsi jika diakhiri dengan
> klik SIMPAN




15.Setelan lainnya:
> klik titik 3 di pojok kanan atas kuis,
> klik preferensi sehingga muncul pop up “setelan default”
Di bagian Pertanyaan pilih dengan mencentang:
> “Jadikan pertanyaan wajib” dicentang agar semua pertanyaan menjadi wajib dijawab siswa.
> “Nilai poin kuis default” centang pilihan ini, kemudian isikan point default dengan angka 1. Perlu diperhatikan: pastikan pertanyaan yang bukan soal ganti skor dengan 0 (nol).
Di setelan lainnya Anda juga dapat menambahkan pengaturan pembatasan waktu penyelesaian soal dan lain-lain, dengan menambahkan Add on dari pengembang pihak ke-3.  


16. Membuat kunci jawaban:
Kembali ke lembar soal nomor 1 (lihat point 11 di atas)
Lihat di bagian kiri bawah lembar soal 1:
> klik kunci jawaban
> klik option sesuai kunci (A, B, C, atau D)
> ubah point soal menjadi 1 jika masih 0 (nol)
> klik selesai (di bagian kanan bawah)
Kemudian lanjutkan tulis soal no 2 dan seterusnya dengan cara yang sama (point 11 dan 16)


17. Menyiapkan gambar dari soal.
   Salah satu kelemahan teks dalam google form adalah tidak dapat menampilkan teks dalam garis baru. Enter dalam teks tidak berfungsi. Sehingga jika ada soal dalam bentuk teks panjang seperti bacaan, pernyataan, dialog, ilustrasi, narasi, dan sejenisnya perlu dijadikan gambar screen yang dapat ditempelkan dalam soal. Begitupun soal dalam bentuk gambar, grafik, tabel dapat dimasukkan dalam soal.
  Untuk membuat print screen teks, gambar, grafik dll dapat dibantu dengan mudah menggunakan aplikasi snipping tool bawaan windows. Cara aksesnya sebagai berikut:
> klik kanan “star windows”
> klik search
> ketik snipping tool (di kotak search bar)
> klik kanan ikon snipping tool
> klik pin to task bar (ikon snipping tool akan muncul di task bar di bagian bawah layar laptop Anda)

Praktikkan untuk membuat gambar dari soal
> buka file soal bergambar dari file soal. Atur view soal sehingga cukup mudah untuk dipoto screen
> klik ikon snipping tool
> klik new
> drag bagian gambar yang dimaksud
> save gambar (misal dengan nama “soal-04”) ke dalam folder yang dituju



18. Menambah gambar dalam soal
> tambahkan lembar soal baru
> copy paste teks soal dari file ke dalam pertanyaan di lembar soal google form
> klik ikon image (di sebelah kanan teks soal) sehingga muncul windows “sisipkan gambar”.
> klik Cari, kemudian pilih gambar “soal-04” yang sudah tersimpan di folder.
> klik open dan sekarang gambar telah tersemat di bawah teks soal.
> Kemudian copy paste option jawaban
> kemudian tentukan kunci jawaban (seperti langkah yang dijelaskan sebelumnya)
   Anda juga dapat menyematkan gambar pada pilihan jawaban soal dengan langkah-langkah penyisipan gambar di atas.




19. Membuat batasan halaman soal.
   Pada dasarnya isi kuisioner ini dibedakan menjadi dua bagian yaitu bagian data siswa dan bagian soal. Bagian ini dapat dipisahkan ke dalam 2 halaman yang berbeda. Apalagi jika Anda menggunakan TOKEN, maka butir soal tidak boleh muncul sebelum siswa memasukkan TOKEN dengan benar. Buatlah batasan halaman persis antara lembar TOKEN dengan lembar soal no 1, dengan cara:
> klik lembar yang ada TOKEN ( di dalam contoh ini lembar ke-4)
> klik ikon tambahkan bagian ( di sebelah kanan bawah lembar ke-4 ini)
Maka muncul bagian 2 bertuliskan “Bagian tanpa judul” tuliskan di sini “LEMBAR SOAL PAT”
Maka kuis Anda telah terpisah dalam 2 halaman.
Jika diperlukan Anda dapat membuat halaman baru setiap 10 butir soal dengan cara yang sama.



20. Publish dan sharing kuis atau soal
   Jika semua soal sudah selesai dibuat, maka sebelum Anda men-share soal perlu dilihat dulu seperti apa tampilan/view soal yang telah dibuat, dengan cara
> klik ikon pratinjau (ada di pojok kanan atas halaman awal soal). Jika semua sudah sesuai lakukan
> klik Kirim (ada di sebelah kanan pratinjau) untuk mendapatkan link alamat google form soal Anda.
Ada 3 pilihan sharing file ini:
1. > ikon email, jika Anda membagikan dengan menambahkan alamat email siswa.
2. > ikon link, Jika Anda berbagi kepada siapapun yang mendapatkan link soal. Akan muncul alamat URL panjang secara otomatis. URL ini dapat diperpendek dengan
> centang kotak perpendek URL
> Salin. Kemudian paste URL di file word untuk memudahkan Anda berbagi link di platform media sosial group siswa atau yang lainya.  
Cara ini lebih disarankan karena paling mudah.
3. > ikon embeded, jika soal Anda akan disematkan dalam web atau web-blog Anda.


21. Melihat hasil atau respon penilaian siswa:
   Jika soal soal diisi dan dikerjakan oleh siswa, maka Anda dapat melihat hasilnya dari google form soal Anda ini. Lihat di bagian atas form Anda ini ada “Pertanyaan” yang isinya soal-soal yang telah dibuat dengan langkah-langkah di atas, dan “Respon” berisi hasil pengisian soal siswa.
> klik respon
> klik ikon membuat spreadsheet (berwarna hijau)
> klik buat spreadsheet baru
> klik buat. Hasilnya akan berupa file excel berisi respon dan jawaban siswa yang dapat didownload dengan cara:
> klik File
> download
> Microsoft excel
> simpan berkas
> Ok. Dan file excel Anda telah tersimpan secara otomatis di folder Download di Desktop.




SELESAI
SEMOGA BERMANFAAT. 
Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan dalam kolom komentar di bawah
Terimakasih


Blog, Updated at: April 14, 2020

1 komentar:

VIDEO TUTORIAL DAN PEMBAHASAN SOAL

VIDEO TUTORIAL DAN PEMBAHASAN SOAL
Silahkan lihat video tutorial di Channel Saya

Profil Saya

FORUM GURU PENGGERAK

 
FORUM GURU PENGGERAK
Public group · 95 members
Join Group
Group ini diharapkan menjadi media tempat berbagi dan eksplorasi pengetahuan, pengalaman dan praktik Guru Penggerak untuk Indonesia Maju.
 

Search Artikel

JADWAL WAKTU SHOLAT


>> Sesuaikan jadwal dengan Klik drop-down Kota/Kab Anda >> Waktu imsak 10 menit sebelum waktu Shubuh

Followers

Statistik Blog

Online Real Time

CB