Berikut ini kami sajikan petunjuk penyusunan setiap komponen RPP Kurikulum 2013 yang telah melalui revisi tahun 2017/2018. Diharapkan memulai tahun pelajaran baru 2018/2019 semua Guru telah menyusun RPP sesuai pedoman ini dengan memperhatikan KOMPONEN
RPP, KETERAMPILAN
ABAD 21 (komunikasi,
kreatif, kolaboratif, berfikir kritis), PENGUATAN
KARAKTER, dan INTEGRASI LITERASI .
Berikut Petunjuk setiap komponen RPP
Berikut Petunjuk setiap komponen RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : … (Misal:
SMP …)
Mata Pelajaran : ... (Misal: IPA)
Kelas/Semester :
… (Misal: VII/Satu)
Materi Pokok :
... (Misal: Pengukuran)
Alokasi
Waktu : … (Misal: 6
Pertemuan (15 JP))
A.
Kompetensi
Inti
Petunjuk: Tulis keempat KI.
CONTOH
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya
diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif
sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan
regional.
- Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah
konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Petunjuk:
1.
Rumuskan 2 (dua)
atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD.
2.
Indikator merupakan jabaran
dari KD.
3.
Indikator
pencapaian kompetensi adalah: (a) perilaku yang dapat diukur dan/atau
diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4;
dan (b) perilaku yang dapat diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD
pada KI-1 dan KI-2.
4.
Indikator KD
dari KI-3 mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan/atau
metakognitif sesuai tuntutan/kandungan KD dengan kemampuan kognitif mengingat,
memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan/atau mencipta.
CONTOH
KD
|
Indikator
|
KD dari KI-1
(bila ada)
|
Tulis 2 (dua)
atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
|
KD dari KI-2
(bila ada)
|
Tulis 2 (dua)
atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
|
KD dari KI-3
|
Tulis 2 (dua)
atau lebih indikator pencapaian kompetensi.
|
KD dari KI-4
|
Tulis 2 (dua)
atau lebih indikator pencapaian kompetensi.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Petunjuk:
1.
Rumuskan 1 (satu) atau lebih tujuan
pembelajaran untuk setiap indikator pencapaian kompetensi.
2.
Dalam hal indikator pencapaian
kompetensi sangat specific dan tidak dapat diuraikan lagi, rumusan tujuan
pembelajaran sama dengan indikator pencapaian kompetensi tersebut.
3.
Apabila sebuah indikator pencapaian
kompetensi masih dapat dirinci lagi, indikator pencapaian kompetensi tersebut
dijabarkan ke dalam lebih dari 1 (satu) tujuan pembelajaran.
4.
Tujuan pembelajaran mengandung
unsur: audience (A), behavior (B), condition (C), dan degree (D).
5.
Tujuan pembelajaran dirumuskan untuk
masing-masing pertemuan.
CONTOH
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran (tuliskan kegiatan pembelajaran secara spesifik) peserta didik dapat:
1. ...
2. ...
3. ...
Dst.
Pertemuan kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran (tuliskan kegiatan pembelajaran secara spesifik) peserta didik dapat:
1. ...
2. ...
3. ...
Dst.
Pertemuan ketiga
Dst.
Fokus penguatan
karakter:
(Tulis satu, dua, atau tiga nilai sikap
utama yang hendak secara terencana ditanamkan/ditumbuhkan melalui pembelajaran
yang direncanakan melalui RPP ini. Nilai-nilai sikap utama yang dimaksud adalah
nilai-nilai sikap sebagaimana terkandung dalam kompetensi inti sikap spiritual
dan sikap sosial serta nilai-nilai utama yang diprioritaskan oleh pemerintah
dan satuan pendidikan yang bersangkutan. Nilai-nilai yang dijadikan fokus
dipilih berdasarkan kesesuaiannya dengan materi/kompetensi yangdibelajarkan
dan/atau metode pembelajaran yang diterapkan. Butir nilai sikap dituliskan
dalam kata benda).
Contoh: kejujuran, kedisiplinan
D.
Materi
Pembelajaran
Petunjuk:
1.
Tulis tema/sub-tema/jenis
teks dan/atau butir-butir materi yang
dicakup untuk materi pembelajaran reguler, pengayaan, dan
remedial.
2.
Butir-butir
materi yang dimaksud harus relevan dengan indikator pencapaian kompetensi yang
mencakup pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/kandungan KD
CONTOH
1. Materi
pembelajaran reguler
… (Tulis
tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi sebagaimana dicakup oleh KD).
2. Materi
pembelajaran pengayaan
… (Tulis sejumlah
butir materi (kompetensi) pengayaan/perluasan/pendalaman dari yang dicakup oleh
materi pembelajaran reguler).
3. Materi
pembelajaran remedial
… (Tulis sejumlah
butir materi reguler yang diperkirakan sulit dikuasai oleh sebagian/seluruh
peserta didik).
E.
Metode
Pembelajaran
Petunjuk:
1.
Tulis satu atau lebih
metode pembelajaran yang diterapkan.
2.
Metode
pembelajaran yang dipilih adalah pembelajaran aktif yang efektif dan efisien
memfasilitasi peserta didik mencapai indikator-indikator KD beserta kecakapan
abad 21.
CONTOH
Pembelajaran
dengan Metode Ilmiah
F.
Media dan
Bahan
Petunjuk:
1. Media
Tulis spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio,
model, chart, gambar, realia, dsb.).
CONTOH
a. Video/film: Judul. Tahun.
Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
b. Rekaman audio: Judul. Tahun.
Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
c. Model: Nama model yang dimaksud
d. Gambar: Judul gambar yang
dimaksud
e. Realia: Nama benda yang
dimaksud
2. Bahan
Tulis spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) semua bahan yang
diperlukan.
G.
Sumber
Belajar
Petunjuk:
Tulis spesifikasi semua sumber belajar (buku siswa,
buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber,
dsb).
CONTOH
1. Buku siswa: Nama pengarang.
Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
2. Buku referensi: Nama pengarang.
Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
3. Majalah: Penulis artikel. Tahun
terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor, Tahun, (halaman).
4. Koran: Judul artikel, Nama
koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
5. Situs internet: Penulis. Tahun.
Judul artikel. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
6. Lingkungan sekitar: Nama dan
lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud
7. Narasumber: Nama narasumber
yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya
8. Lainnya (sesuai dengan aturan
yang berlaku)
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Petunjuk:
1.
Tulis kegiatan pembelajaran untuk
setiap pertemuan yang mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan
penutup.
2.
Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN
PENDAHULUAN dan KEGIATAN PENUTUP ditulis dalam rumusan kegiatan yang dilakukan
oleh guru yang DAPAT dilengkapi dengan rumusan kegiatan peserta didik secara
terintegrasi – tidak dalam kalimat terpisah.
3.
Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN
INTI ditulis dalam rumusan kegiatan peserta didik YANG DAPAT dilengkapi dilengkapi dengan rumusan kegiatan
guru – dalam kalimat terpisah.
4.
Langkah-langkah dan aktivitas
pembelajaran pada KEGIATAN INTI menyesuaikan sintaks dan prinsip-prinsip
belajar dari metode yang diterapkan.
5.
Tulis jumlah JP untuk setiap
pertemuan dan alokasi waktu untuk kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
CONTOH
1.
Pertemuan Pertama: 2 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1) Guru … untuk mengondisikan
suasana belajar yang menyenangkan.
2) Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya,
yaitu … dengan cara ….
3) Guru menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai, yaitu … dan
menunjukkan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari, yaitu ….
4) Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu ….
5) Guru menyampaikan
lingkup penilaian, yaitu … dan
teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu ….
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
CONTOH DENGAN METODE SAINTIFIK:
Mengamati
Misal: Peserta
didik mengamati gunung Merapi yang meletus yang disajikan melalui tayangan
video dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan penanggulangan
meletusnya gunung Merapi; menyaksikan video pertumbuhan dan perkembangan
tanaman dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan pertumbuhan
dan perkembangan tanaman.
Catatan:
Fenomena yang
diamati oleh peserta didik dapat berupa fenomena sebagaimana adanya di alam
(pada situasi alami) dan/atau dalam bentuk model, gambar/foto, teks, grafik/tabel,
diagram, charta, audio, video, dan/atau animasi.
Menanya
Misal: Peserta
didik merumuskan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui terkait dengan
penanggulangan bencana gunung Merapi atau pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
Pertanyaan 1: …
(pengetahuan faktual)
Pertanyaan 2: …
(pengetahuan faktual)
Pertanyaan 3: …
(pengetahuan faktual)
Pertanyaan 4: …
(pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 5: …
(pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 6: …
(pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 7: …
(pengetahuan prosedural)
Pertanyaan 8: …
(pengetahuan metakognitif)
Pertanyaan …
Mengumpulkan
informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 1 (MISALNYA
untuk pertanyaan 1, 2, dan 3)
Peserta didik
mewawancarai ahli vulkanologi dan/atau membaca buku siswa halaman … untuk
mengetahui kapan gunung Merapi meletus (tahun berapa saja dan dalam periode
berapa tahunan), korban letusan terdahsyat, dan tanda-tanda gunung Merapi akan
meletus (fenomena gunung meletus). Kemudian peserta didik menuliskannya pada selembar
kertas untuk ditempelkan pada papan pajang pekerjaan peserta didik.
c.
Kegiatan Penutup (12 menit)
Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir
simpulan mengenai ….
Guru bersama-sama peserta didik melakukan
identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan
mengamati …, merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi dengan cara …,
menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh, dan mengomunikasikan
jawaban dengan cara ….
Guru guru memberi umpan balik peserta
didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
Guru menyampaikan kegiatan belajar
yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
Guru memberitahukan kegiatan belajar
yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu ….
2.
Pertemuan Kedua: 2 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1)
Guru mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan dengan ….
2)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan
dilakukan, yaitu ….
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
CONTOH (LANJUTAN
DENGAN METODE SAINTIFIK):
Mengumpulkan informasi/data/mencoba
– menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 2 (MISALNYA untuk pertanyaan 4 dan 5)
…
Mengumpulkan informasi/data/mencoba
– menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 3 (MISALNYA untuk pertanyaan 6)
…
·
Dst.
c.
Kegiatan Penutup (12 menit)
Guru memfasilitasi peserta didik (a) membuat butir-butir simpulan mengenai ….
Guru bersama dengan peserta didik
mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan
mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang
diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara ….
Guru memberi umpan balik peserta
didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
Guru melakukan melakukan penilaian
dengan teknik ….
Guru menyampaikan kegiatan belajar
yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
Guru memberitahukan kegiatan belajar
yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu ….
3.
Pertemuan Ketiga: 2 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1)
Guru mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan dengan ….
2)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan
dilakukan, yaitu ….
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
CONTOH (DENGAN
METODE SAINTIFIK):
Mengumpulkan informasi/data/mencoba
– menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 4 (MISALNYA untuk pertanyaan 7 dan 8)
·
…
·
Mencipta
Misal: Peserta didik membuat petunjuk
tindakan penanggulangan menjelang, saat, dan paska letusan gunung api atau merumuskan
gagasan pembudidayaan tanaman yang cepat pertumbuhan dan perkembangannya.
c.
Kegiatan Penutup (12 menit)
Guru bersama-sama peserta didik membuat butir-butir
simpulan terkait ….
Guru bersama-sama peserta didik melakukan
identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan
mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang
diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara …; serta
mencipta …
Guru melakukan penilaian dengan
teknik ….
Guru memberitahukan pembelajaran
remedi, yaitu …
Guru memberitahukan pembelajaran
program pengayaan, yaitu …
Guru memberitahukan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu ….
I.
Penilaian
1. Teknik penilaian
a.
Sikap spiritual
Tulis satu atau
lebih teknik penilaian sikap spiritual dan tuangkan dalam tabel.
CONTOH
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observa si
|
Jurnal
|
Lihat Lampiran
...
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
2
|
Penilaian diri
|
Lihat Lampiran ...
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment
as learning)
|
|
3
|
Penilaian antar teman
|
Lihat Lampiran ...
|
Setelah pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment
as learning)
|
b. Sikap sosial
Tulis satu atau
lebih teknik penilaian sikap sosial dan tuangkan dalam tabel.
CONTOH
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observa si
|
Jurnal
|
Lihat Lampiran
...
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
2
|
Penilaian diri
|
Lihat Lampiran ...
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment
as learning)
|
|
3
|
Penilaian antar teman
|
Lihat Lampiran ...
|
Setelah pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment
as learning)
|
c. Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Lisan
|
Pertanyaan
(lisan) dengan jawaban terbuka
|
Lihat Lampiran ...
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)
|
2
|
Penugasan
|
Pertanyaan
dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan,
isian, dan/atau lainnya
|
Lihat Lampiran ...
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
3
|
Tertulis
|
Pertanyaan
dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar-salah,
menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
|
Lihat Lampiran ...
|
Setelah pembelajaran usai
|
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)
|
4
|
Portofolio
|
Sampel
pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis
|
Saat pembelajaran usai
|
Data untuk penulisan deskripsi pencapaian
pengetahuan (assessment of learning)
|
d. Keterampilan
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Praktik
|
Tugas (keterampilan)
|
Lihat Lampiran ...
|
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah
usai
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian
pembelajaran (assessment for, as, and
of learning)
|
2
|
Produk
|
Tugas (keterampilan)
|
Lihat Lampiran ...
|
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah
usai
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian
pembelajaran (assessment for, as, and
of learning)
|
3
|
Proyek
|
Tugas besar
|
Lihat Lampiran ...
|
Selama atau usai pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian
pembelajaran (assessment for, as, and
of learning)
|
4
|
Portofolio
|
Sampel produk terbaik dari tugas atau proyek
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data
untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan
|
2. Pembelajaran Remedial
Tulis
kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
•
pembelajaran ulang
•
bimbingan perorangan
•
belajar kelompok
•
pemanfaatan tutor sebaya
bagi
peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis
penilaian.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil
analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi
kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan
dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam
bentuk tugas mengerjakan
soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan
mewawancarai narasumber.
..............., ................
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP____________
_____________________ ___________________
NIP. ... NIP. ....
Terimakasih, pak. Artikelnya sangat bermanfaat...
ReplyDeleteTerima kasih pak, atas ilmunya. semangat berbagi ilmu. ini sangat bermanfaat pak.
ReplyDeleteTerima kasih Pak, izin membagikan!
ReplyDelete