Salah satu tagihan kegiatan PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) adalah
menyusun best practices dari unit pembelajaran yang dipraktikkan dalam
mengimplementasikan HOTS, PPK, dan literasi.
Best practices berisi praktik baik yang dilakukan dalam pembelajaran yang berdampak luas dalam peningkatan pembelajaran. Praktik ini dapat berupa penerapan pendekatan, metode, atau model pembelajaran tertentu, pemanfaatan media dan sumber belajar, implementasi penanaman karakter dalam pembelajaran, serta kegiatan literasi yang terintegrasi dalam pembelajaran.
Best practices berisi praktik baik yang dilakukan dalam pembelajaran yang berdampak luas dalam peningkatan pembelajaran. Praktik ini dapat berupa penerapan pendekatan, metode, atau model pembelajaran tertentu, pemanfaatan media dan sumber belajar, implementasi penanaman karakter dalam pembelajaran, serta kegiatan literasi yang terintegrasi dalam pembelajaran.
Di samping sebagai pemenuhan tugas PKP, best
practices ternyata dapat dijadikan sebagai bentuk publikasi ilmiah yang dapat
dihargai Angka Kreditnya.
Berikut ini isi penjelasan publikasi ilmiah
bentuk best practices yang tercantum dalam buku 4 Pedoman Kegiatan Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (PKB) revisi tahun 2016.
……………………………………
B. Publikasi Ilmiah
Publikasi ilmiah adalah karya tulis ilmiah
yang telah dipublikasikan kepada masyarakat. Bentuk publikasi yang dapat
dilakukan oleh guru adalah presentasi pada forum ilmiah, publikasi hasil
penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal, dan publikasi
buku teks pelajaran, buku pengayaan dan/atau pedoman guru.
1. Presentasi pada Forum Ilmiah
Presentasi pada forum ilmiah adalah kegiatan
penyampaian gagasan ilmiah sebagai salah satu bentuk publikasi ilmiah.
a. Presentasi pada forum ilmiah
1) Menjadi pemrasaran/narasumber pada seminar
atau lokakarya ilmiah.
2) Menjadi pemrasaran/narasumber pada koloqium
atau diskusi ilmiah.
b. Bukti fisik yang dinilai
Keikutsertaan guru dalam presentasi ilmiah
harus dibuktikan dengan:
1) makalah yang sudah disajikan pada pertemuan
ilmiah dan telah disahkan oleh kepala sekolah/madrasah; dan;
2) surat keterangan dari panitia seminar atau
sertifikat/ piagam dari panitia pertemuan ilmiah.
Makalah yang disajikan harus merupakan tulisan
ilmiah yang berisi ringkasan laporan hasil penelitian, gagasan, ulasan, atau tinjauan ilmiah.
2. Publikasi Ilmiah Berupa Hasil Penelitian
atau Gagasan Ilmiah Bidang Pendidikan Formal
Publikasi Ilmiah hasil penelitian atau gagasan ilmiah bidang
pendidikan formal meliputi laporan hasil penelitian, makalah berupa tinjauan
ilmiah, tulisan ilmiah populer, dan artikel ilmiah dalam bidang pendidikan.
a. Laporan Hasil penelitian
Laporan hasil penelitian berupa karya tulis
yang didasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan guru pada bidang pendidikan
sesuai dengan tugas pokoknya. Laporan penelitian dapat berupa penelitian
tindakan kelas, penelitian eksperimen, penelitian deskriptif, penelitian
perbandingan, penelitian korelasi, dan sebagainya.
b. Makalah Berupa Tinjauan Ilmiah Gagasan atau
Pengalaman Terbaik (Best Practice) di Bidang Pendidikan Formal dan
Pembelajaran
1) Pengertian
Makalah tinjauan ilmiah adalah karya tulis
guru yang berisi ide/gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah
pendidikan formal dan pembelajaran yang ada di satuan pendidikannya (di
sekolah/ madrasahnya).
Kerangka isi makalah berupa tinjauan ilmiah
bidang pendidikan formal dan pembelajaran sebagaimana tersebut dalam Lampiran
5a.
Best Practice adalah karya tulis guru yang berisi pengalaman
terbaik dalam proses pembelajaran.
Kerangka isi Best Practice sebagaimana
tersebut dalam Lampiran 5b.
Kegiatan guru dalam publikasi ilmiah yang
berupa makalah tinjauan ilmiah/best practice di bidang pendidikan formal
harus dibuktikan dengan:
(a) makalah asli atau fotokopi dengan surat
pernyataan tentang keaslian dari kepala sekolah/madrasah yang disertai tanda
tangan kepala sekolah/ madrasah dan cap sekolah/madrasah bersangkutan.
(b) surat keterangan dari pengelola
perpustakaan sekolah/madrasah yang menyatakan bahwa arsip dari
buku/jurnal/makalah tersebut telah disimpan di perpustakaan
sekolah/madrasahnya.
2) Angka kredit
Besaran angka kredit tinjauan Ilmiah/best
practice dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan
pendidikan, adalah 2 sebagaimana Tabel 9 berikut.
Lampiran 5b. Kerangka Isi Laporan Best
Practice
1) Bagian Awal
Terdiri dari halaman judul; lembaran
persetujuan; kata pengantar; daftar isi, daftar label, daftar gambar, dan
Lampiran; serta abstraksi atau ringkasan.
2) Bagian Isi
Umumnya terdiri dari beberapa bab, yakni:
a) Bab Pendahuluan yang menjelaskan tentang
Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah, Tujuan, dan Manfaat.
b) Bab Kajian/Tinjauan Pustaka.
c) Bab Pembahasan Masalah yang didukung data
berasal dari satuan pendidikannya. Cara pemecahan masalah yang menguraikan
langkah-langkah atau cara-cara dalam memecahkan masalah, termasuk hambatan
hambatan yang harus diatasi yang dituangkan secara rinci. (Hal yang sangat
perlu disajikan, pada bab ini, adalah keaslian, kejelasan ide/gagasan, dan
kecemerlangan ide terkait dengan upaya pemecahan masalah di sekolah/
madrasahnya. Uraian ini merupakan inti tulisan Best Practice.
3) Bab Kesimpulan.
4) Bagian Penunjang:
Memuat daftar pustaka dan Lampiran data yang digunakan dalam
melakukan tinjauan atau gagasan ilmiah.
Best practices juga dapat
ditulis sebagai artikel ilmiah dan diterbitkan dalam jurnal resmi yang dihargai
Angka kreditnya.
Berikut ini keterangan yang terdapat dalam
buku 4 Pedoman PKB revisi tahun 2016
d. Artikel Gagasan Ilmiah/ Best Practice dalam Bidang
Pendidikan
1) Pengertian
Artikel gagasan ilmiah/best practice dalam bidang pendidikan
adalah tulisan yang berisi gagasan atau tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan
formal dan pembelajaran di satuan pendidikan yang dimuat di jurnal ilmiah.
Artikel gagasan ilmiah/best practice di bidang pendidikan
pada umumnya mengikuti aturan dari jurnal yang akan memuat artikel gagasan
ilmiah tersebut. Artikel gagasan ilmiah/best practice sekurang-kurangnya
berisi sebagai berikut.
a) Pendahuluan, yang menguraikan tentang latar belakang masalah,
rumusan masalah, tujuan, dan manfaat.
b) Kajian teori, yang menguraikan tentang teori-teori yang relevan.
c) Pembahasan, yang mengemukakan tentang gagasan/ ide penulis dalam
upaya memecahkan masalah yang berkaitan dengan bidang pendidikan dan
pembelajaran di sekolah/madrasahnya. Pembahasan tersebut didukung oleh teori
dan data yang relevan.
d) kesimpulan.
2) Bukti fisik yang dinilai
Kegiatan guru yang menghasilkan artikel gagasan ilmiah/best practice
dalam bidang pendidikan yang dipublikasikan harus dibuktikan dengan bukti
fisik sebagai berikut.
a) Jurnal ilmiah asli yang menunjukkan adanya nomor ISSN, tanggal
terbitan, susunan dewan redaksi dan editor (mitra bestari). Jika jurnal
tersebut dinyatakan telah terakreditasi, harus disertai dengan keterangan
akreditasi untuk tingkat nasional. Jika dinyatakan jurnal tersebut diterbitkan
di tingkat provinsi atau kabupaten/kota harus disertai keterangan yang jelas
tentang tingkat penerbitan jurnal tersebut.
b) Jika 1 (satu) artikel gagasan ilmiah/best practice yang sama
dimuat di beberapa majalah/jurnal ilmiah, maka yang dapat dinilai hanya 1
(satu) dan dipilih artikel yang berpeluang mendapatkan angka kreditnya
terbesar. Semua bukti fisik di atas memerlukan surat pernyataan keaslian dari
kepala sekolah/madrasah yang disertai tanda tangan kepala sekolah/madrasah dan
cap sekolah/madrasah bersangkutan.
3) Angka Kredit
Besaran angka kredit artikel gagasan ilmiah/best practice dalam
bidang pendidikan ditunjukkan pada Tabel 11 berikut.
PAK Tahunan telah menguras energi dan pikiran para guru,semoga dapat ditinjau kembali,karena akan menganggu konsentrasi guru sebagai pengajar,membimbing,siswa,
ReplyDeleteApakah best practice dapat digunakan untuk maju ke IVc
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteMaaf jika mau ke IVa harus laporan penelitian
DeleteApakah best practice harus diseminarkan terlebih dahulu sot PTK sebelum untuk maju AK
ReplyDeleteSangat bermanfaat pak Musabikhin.... terimakasih lanjutkan berkarya
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletekalo ada yang punya file best practise versi pademi kelas III SD, boleh minta tidak? kalo boleh kirim ke email adheliaindriani1@gmail.com
ReplyDelete