Landasan.
Proses pembelajaran pada satuan pendidikan
diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang,
memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang
cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan
perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. (Peraturan Pemerintah
No.19/2005 pasal 19)
Guru perlu menguasai
dan dapat menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang meliputi pendekatan,
metode, dan teknik pembelajaran secara spesifik. Penguasaan model pembelajaran
akan mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran
Model pembelajaran
adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan
secara khas oleh guru di kelas.Dalam model pembelajaran terdapat strategi
pencapaian kompetensi peserta
didik dengan pendekatan, metode, dan
teknik pembelajaran.
Menurut Drs. H.Muhamad
Ali, Guru dalam Proses Belajar Mengajar: Tidak ada model pembelajaran yang paling
efektif untuk semua mata pelajaran atau
untuk semua materi. Pemilihan model pembelajaran untuk diterapkan guru di dalam
kelas mempertimbangkan beberapa hal:
1. tujuan pembelajaran
2. sifat materi pelajaran
3. ketersediaan fasilitas
4. kondisi peserta didik
5. alokasi waktu yang tersedia
Ciri-ciri model
pembelajaran yang baik:
- Adanya keterlibatan intelektual – emosional peserta didik melalui kegiatan
mengalami, menganalisis, berbuat, dan pembentukan sikap
- Adanya keikutsertaan peserta didik secara aktif dan kreatif selama
pelaksanaan model pembelajaran
- Guru bertindak sebagai fasilitator, koordinator, mediator dan
motivator kegiatan belajar peserta didik
- Penggunaan berbagai metode, alat dan media pembelajaran
Beberapa
Model Pembelajaran Kooperatif
1. Example non
Example
Langkah-langkah :
- Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai
dengan tujuan pembelajaran
- Guru menempelkan gambar di papan atau
ditayangkan melalui OHP
- Guru memberi petunjuk dan memberi
kesempatan pada peserta didik untuk memperhatikan/menganalisis gambar
- Melalui diskusi kelompok 2-3 orang peserta
didik, hasil diskusi dari analisis gambar tersebut dicatat pada kertas
- Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan
hasil diskusinya
- Mulai dari komentar/hasil diskusi peserta
didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
- Kesimpulan
2. Picture and Picture
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
- Menyajikan materi sebagai pengantar
- Guru menunjukkan/memperlihatkan
gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
- Guru menunjuk/memanggil peserta didik
secara bergantian untuk memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan
yang logis
- Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran
urutan gambar tersebut
- Dari alasan/urutan gambar tersebut guru
memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin
dicapai
- Kesimpulan/rangkuman
3. Number Head Together
Langkah-langkah :
- Peserta didik dibagi dalam kelompok,
setiap peserta didik dalam setiap kelompok mendapat nomor
- Guru memberikan tugas dan masing-masing
kelompok mengerjakannya
- Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar
dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/ mengetahui
jawabannya
- Guru memanggil salah satu nomor peserta
didik dan peserta didik yang nomornya dipanggil melaporkan hasil kerjasama
diskusi kelompoknya.
- Tanggapan dari teman yang lain, kemudian
guru menunjuk nomor yang lain, dst
- Kesimpulan
4. STAD (Student Team
Achievement Division)
Langkah-langkah :
- Membentuk kelompok yang anggotanya +
4 orang secara heterogen (prestasi,
jenis kelamin, suku, dll)
- Guru menyajikan pelajaran
- Guru memberi tugas kepada kelompok untuk
dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok
- Guru memberi kuis/pertanyaan kepada
seluruh peserta didik. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
- Memberi evaluasi
- Kesimpulan
5. JIGSAW
Langkah-langkah :
- Peserta didik dikelompokkan ke dalam +
4 anggota tim
- Tiap orang dalam tim diberi bagian materi
yang berbeda
- Tiap orang dalam tim diberi bagian materi
yang ditugaskan
- Anggota dari tim yang berbeda yang telah
mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok
ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
- Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli
tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian menjelaskan kepada
teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota
lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
- Tiap tim ahli mempresentasikan hasil
diskusi
- Guru memberi evaluasi
- Penutup
0 komentar:
Post a Comment