<< *** SAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN 1445 H - 2024 M *** SEMOGA DIBERIKAN KEKUATAN LAHIR DAN BATIN UNTUK MENJALANKAN IBADAH PUASA PENUH DI BULAN RAMADHAN >>

AYO MUDIK 1439 H

Posted by VIRTUAL PENDAMPINGAN on Wednesday, June 6, 2018



Lebaran sebentar lagi. Puasa sudah memasuki hari ke 21, dan hari kerja PNS, dan karyawan tinggal 2 hari lagi. Jumat 8 Juni 2018 adalah hari kerja terakhir di bulan suci Ramadlan 1439 H. Bagi umat Muslim momen lebaran dijadikan tradisi sebagai momen mudik atau pulang kampung halaman. Momen yang bagi banyak orang merupakan kesempatan satu tahun sekali berkumpul dengan keluarga besar, sanak saudara di kampung kelahirannya. Moda para pemudik dapat dikategorikan menjadi: mudik dengan transportasi umum, menggunakan kendaraan roda dua, atau kendaraan pribadi.

Transportasi umum dapat berupa Bus, Kereta api, pesawat terbang, maupun jalur laut dengan Kapal laut. Bagi pengguna jasa transportasi umum ini maka calon pemudik harus sudah memesan tiket jauh-jauh hari sebelum hari H mudik. Karena pemesanan tiket ini biasanya dibatasi oleh waktu dan jumlah sesuai kebijakan masing-masing provider. Di era digital sekarang, maka tiket dapat dipesan secara online baik menggunakan aplikasi ticketing yang banyak ditawarkan berbasis android, maupun melalui website penyedia layanan transportasi sendiri.


Bagi pemudik roda dua, disarankan untuk tidak membawa serta anak-anak. Manfaatkan kendaraan mudik gratis yang disiapkan Pemerintah atau Perusahaan tertentu untuk mengurangi moda mudik ini. Yang perlu diperhatikan pemudik moda ini adalah kesiapan fisik dan mental pemudik, serta kesiapan fisik kendaraan roda duanya. Servis mesin, cek ban, dan perlengkapan roda dua secara menyeluruh menjadi hal yang wajib dilakukan sebelum mudik. Tidak membawa barang bawaan terlalu banyak yang dapat mengurangi kenyamanan dan keamanan berkendara juga menjadi sangat penting.

Pemudik kendaraan pribadi roda 4 sedikit lebih nyaman disbanding roda 2. Adapun persiapan dan cek fisik serta kelayakan kendaraan harus dilakukan sebelum mudik dilakukan. Kesiapan fisik dan mental sopir juga harus diperhatikan, karena perjalanan mudik tidak luput dari kemacetan yang banyak menyita tenaga dan konsentrasi sopir. Walaupun sudah lebih banyak jalur Tol, tetapi kemacetan masih banyak terjadi. Maslah lain adalah kelelahan dan mengantuk saat berkendara di jalan tol juga perlu diwaspadai. Manfaatkan tempat-tempat istirahat ketika kondisi sopir maupun kondisi kendaraan perlu istirahat. Manfaatkan juga tempat-tempat service gratis yang banyak disiapkan oleh para dealer otomotif nasional. Jangan lupa juga baca peta mudik aman dan nyaman yang direkomendasikan pihak Satlantas Polri.




Semoga mudik lebaran tahun ini dapat berlangsung dengan aman, nyaman, selamat sampai kampong halaman, dan selamat ketika balik kembali ke rumah masing-masing.
Selamat MUDIK LEBARAN 1439 H


Blog, Updated at: June 06, 2018

0 komentar:

Post a Comment

VIDEO TUTORIAL DAN PEMBAHASAN SOAL

VIDEO TUTORIAL DAN PEMBAHASAN SOAL
Silahkan lihat video tutorial di Channel Saya

Profil Saya

FORUM GURU PENGGERAK

 
FORUM GURU PENGGERAK
Public group · 95 members
Join Group
Group ini diharapkan menjadi media tempat berbagi dan eksplorasi pengetahuan, pengalaman dan praktik Guru Penggerak untuk Indonesia Maju.
 

Search Artikel

JADWAL WAKTU SHOLAT


>> Sesuaikan jadwal dengan Klik drop-down Kota/Kab Anda >> Waktu imsak 10 menit sebelum waktu Shubuh

Followers

Statistik Blog

Online Real Time

CB