Pemindaian Lembar Jawaban Peserta Didik dengan Smartphone dalam Optimalisasi Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran
ABSTRAK
Musabikhin.
2017. Pemindaian Lembar Jawaban Peserta Didik dengan Smartphone dalam Optimalisasi Pelaksanaan
Penilaian Pembelajaran.
Mengevaluasi
dan menilai hasil pembelajaran merupakan salah
satu tugas pokok yang harus dilaksanakan oleh guru. Penilaian dalam pengertian assessment
of learning dilakukan guru bertujuan untuk mengukur hasil belajar peserta
didik dalam pencapaian kompetensi dasar yang dipelajari dalam kurun waktu
tertentu yang harus segera terdokumentasikan setelah pelaksanaan penilaian
untuk dapat segera dilakukan analisis sehingga dapat diketahui tingkat
pencapaian dan ketuntasan belajarnya serta sedini mungkin dapat ditindaklanjuti
dalam pembelajaran remedial dan pengayaan.
Di era digital sekarang, smartphone yang
merupakan telepon genggam cerdas menyediakan ribuan aplikasi yang dapat
dimanfaatkan dalam membantu mengoptimalkan tugas pokok guru dalam penilaian
pembelajaran. Zipgrade merupakan salah satu aplikasi smartphone
berbasis android dan iOS yang dapat dimanfaatkan sebagai aplikasi
pemindai lembar jawaban peserta didik (LJPD) pada penilaian dengan butir soal
pilihan jamak. Aplikasi ini dapat membantu guru melakukan penilaian hasil
belajar peserta didik dengan mudah dalam waktu yang singkat. Hasil pemindaian
dengan aplikasi ini berupa data nilai peserta didik, dan analisisnya.
Melalui teknik pembinaan profesionalisme guru yang dilakukan secara bertahap dengan mempertimbangkan
kemampuan guru dan kepala sekolah yang tidak merata dalam penguasaan TIK,
tahapan pembinaan dilakukan berbasis kelompok dan kebutuhan, berjenjang di
komunitas MKPS dan MGMP, serta pembinaan dan pendampingan langsung di sekolah
binaan. Pembinaan dan pendampingan dilaksanakan mulai semester genap tahun pelajaran
2016/2017 di MGMP IPA, SMPN 1 Cipeucang, SMPN 5 Mandalawangi, dan SMPN 1
Karangtanjung, serta dilaksanakan dengan sasaran semua SMP Kabupaten Pandeglang
dengan pembinaan dan pendampingan oleh Pengawas Sekolah masing-masing pada
semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018.
Hasil dari pembinaan ini, Guru telah melakukan
pemindaian LJPD dengan menggunakan smartphone di waktu yang sama
seketika setelah melakukan penilaian, dan memanfaatkan data hasil pemindaian
untuk dilakukan analisis hasil belajar peseta didik dan menindaklanjuti dalam
program remedial dan pengayaan di pekan yang sama setelah analisis selesai
dilakukan.
Kendala-kendala teknis yang ditemukan pada pembinaan
profesonal guru dalam pemanfaatan smartphone
untuk mengoptimalkan pelaksanaan penilaian pembelajaran dapat diatasi dengan
membangun komitmen bersama dan saling mendukung antara guru, kepala sekolah,
pengurus MGMP, dan pengawas sekolah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya
serta adanya jalinan komunikasi langsung maupun forum tanya jawab melalui
komunitas jejaring sosial.
Pemanfaatan smartphone
untuk memindai LJPD hasil penilaian pembelajaran perlu menjadi salah satu
materi pembinaan pengawas di sekolah binaan, karena sangat bermanfaat dalam
mengoptimalkan pelaksanaan penilaian pembelajaran oleh guru, sehingga
memudahkan guru dalam melaksanakan salah satu tugas pokoknya, tidak sekedar
memanfaatkan smartphone untuk
komunikasi jejaring sosial dan gaya hidup saja. Perlu kerjasama dan kolaborasi
seluruh pengawas agar pemanfaatan smartphone
untuk memindai LJPD hasil penilaian pembelajaran ini dapat dilaksanakan oleh
semua guru di semua SMP Kabupaten Pandeglang.
Kata kunci : smartphone, LJPD, zipgrade, optimalisasi, penilaian
pembelajaran
0 komentar:
Post a Comment