<< *** SAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN 1445 H - 2024 M *** SEMOGA DIBERIKAN KEKUATAN LAHIR DAN BATIN UNTUK MENJALANKAN IBADAH PUASA PENUH DI BULAN RAMADHAN >>

KIAT SUKSES SELEKSI DAN DIKLAT GURU PENGGERAK

Posted by VIRTUAL PENDAMPINGAN on Saturday, March 26, 2022

 KIAT SUKSES SELEKSI DAN DIKLAT GURU PENGGERAK


Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.

KRITERIA/PERSYARATAN

I.                     Kriteria Umum

1.       Guru PNS maupun Non PNS baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta

2.       Memiliki akun guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

3.       Memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1/D4

4.       Memiliki pengalaman minimal mengajar 5 tahun

5.       Memiliki sisa mengajar tidak kurang dari 10 tahun

6.       Memiliki keinginan kuat menjadi Guru Penggerak

7.       Tidak sedang mengikuti kegiatan diklat CPNS, PPG, atau kegiatan lain yang dilaksanakan secara bersamaan dengan proses rekrutmen dan pendidikan guru penggerak

8.       Tidak sedang proses rekrutmen kepala sekolah penggerak, pelatih ahli/fasilitator sekolah penggerak atau sedang menjalankan tugas sebagai kepala sekolah penggerak, pelatih ahli/fasilitator sekolah penggerak pada Program Sekolah Penggerak (PSP)

9.       Tidak sedang menjadi instruktur, pelatih lapang, pengawas lapang pada Program Organisasi Penggerak (POP)

10.   Tidak sedang menjadi pengajar praktik, fasilitator pada Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP)



II.                   Kriteria Seleksi

1.       Menerapkan pembelajaran yang berpusat pada murid (iniating action)

2.       Memiliki kemampuan untuk fokus pada tujuan (purpose mission)

3.       Memiliki kompetensi menggerakkan orang lain dan kelompok (building partnership and working relationship)

4.       Memiliki daya juang yang tinggi (resilience)

5.       Memiliki kompetensi kepemimpinan dan bertindak mandiri (decition making)

6.       Memiliki kemampuan untuk belajar hal baru, terbuka pada umpan balik, dan terus memperbaiki diri (continuous learning)

7.       Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan efektif dan memiliki pengalaman mengembangkan orang lain (coaching)

8.       Memiliki kedewasaan emosi dan berperilaku sesuai kode etik (ethical maturity)

Mengacu pada 8 kriteria di atas yang juga merupakan kompetensi calon guru penggerak yang menjadi dasar dalam seleksi dan tentu menjadi tujuan dalam peningkatan kompetensi selama pelaksanaan diklat PGP.  Hal ini bisa dijadikan acuan bagi CGP dalam menyusun essay, serta dalam penilaian Simulasi Mengajar dan Wawancara.

Berikut ini panduan dalam mengikuti seleksi PGP

A.      Penulisan Essay

1.       Jawab sesuai pertanyaan dengan menunjukkan contoh nyata yang pernah dilakukan/dialami dalam 2-3 tahun terakhir, bukan cerita wacana atau teori.

2.       Secara umum ceritakan contoh Situasi/keadaan saat itu, tindakan spesifik yang dilakukan, serta hasilnya dengan memenuhi dengan sejumlah karakter minimal yang dipersyaratakan pada setiap nomor soal.

3.       Jawaban di 1 nomor soal essay dan sub pertanyaannya harus memiliki kesinambungan masalah/situasi/tindakan yang berhubungan dan berkesinambungan.

4.       Jika ada banyak pilihan contoh yang akan ditulis sebagai jawaban, maka pilihlah contoh yang hasilnya paling berdampak positif bagi pembelajaran siswa.

5.       Jangan pernah mengambil jawaban yang banyak ditemukan di website karena akan terkena diskualifikasi plagiarisme (jangan copy paste jawaban/kalimat dari website)

6.       Jangan menulis jawaban yang berisi menyalahkan orang/pihak lain

7.       Usahakan membuat jawaban essay di file word atau google doc, cek jumlah karakter,  kemudian copy paste kedalam simpkb.

8.       Jika mengalami kesulitan menuangkan ide/gagasan/pengalaman ke dalam tulisan, disarankan gunakan google doc dengan cara ucapkan cerita pengalaman Anda di depan laptop sehingga google doc menuliskan semua yang Anda ucapkan. Lihat caranya di sini: https://youtu.be/Ouo4gTJ_n9o

 

B.      Simulasi Mengajar (SM)

1.       Uji coba g-meet (menggunakan email resmi sesuai data anda) bersama rekan sejawat, cek audio dan video berungsi dengan normal. Uji coba juga jika anda menggunakan perangkan audio/camera eksternal.

2.       Siapkan akses internet yang stabil, dan akses cadangan dari provider yang berbeda.

3.       Lakukan juga uji coba SM dengan durasi 10 menit.

4.       Saat simulasi perhatikan:

a.       Lakukan appersepsi, sampaikan tujuan pembelajaran, dan pertanyaan terbuka sebagai pemantik pembelajaran

b.       Lakukan interaksi dengan siswa, berikan apresiasi, bahasa yang sesuai, semangat dan antusias dalam SM

c.       Gunakan berbagai media yang memicu siswa berpikir terbuka/kritis (picu dengan pertanyaan terbuka)

d.       Berikan kesempatan siswa memimpin diskusi (diskusi kelompok-presentasi-pajang karya-window shoping)

5.       Jawab pertanyaan dengan jelas, dan rinci:

a.       Identifikasi kelebihan dan kelemahan SM secara riil yang terjadi saat SM. Kelebihan dan kelemahan internal yang dialami anda sendiri (menjadi yang utama) dan (sebagai tambahan) kelebihan/kelemahan eksternal seperti masalah waktu, media, siswa, dan sejenisnya.

b.       Pikirkan cara perbaikan pembelajaran yang berbeda dari SM dan tujuan perbaikan tersebut terhadap peningkatan proses pembelajaran dan dampaknya bagi siswa, serta dampak bagi pengembangan kompetensi peserta sendiri.

c.       Pahami cara penilaian yang dilakukan sesuai topik SM, cara melakukan penilaiannya serta manfaat penilaian tersebut bagi siswa dan bagi guru.

C.      Wawancara:

1.       Tujuan wawancara adalah menggali pengalaman peserta sesuai dengan 8 kompetensi yang dipersyaratkan (lihat penjelasan kriteria seleksi) 

2.       Umumnya pertanyan mengarah pada jawaban essay yang telah ditulis.

3.       Pertanyaan wawancara akan berkembang sesuai dengan jawaban peserta.

4.       Jawab dengan jujur, jangan mengada-ada.

5.       Jawab sesuai pertanyaan dengan menunjukkan contoh nyata yang pernah dilakukan/dialami dalam 2-3 tahun terakhir, bukan cerita wacana atau teori.

6.       Secara umum ceritakan contoh Situasi/keadaan saat itu, tindakan spesifik yang dilakukan, serta hasilnya

7.       Jika ada banyak pilihan contoh pengalaman sebagai jawaban, maka pilihlah contoh praktik terbaik yang hasilnya paling berdampak positif bagi pembelajaran siswa.

8.       Jangan memberikan jawaban yang berisi menyalahkan orang/pihak lain, tetapi anda mungkin akan diminta menceritakan kejadian di luar prosedur/aturan dan sikap anda terhadap kejadian tersebut.

Semoga bermanfaat

Blog, Updated at: March 26, 2022

0 komentar:

Post a Comment

VIDEO TUTORIAL DAN PEMBAHASAN SOAL

VIDEO TUTORIAL DAN PEMBAHASAN SOAL
Silahkan lihat video tutorial di Channel Saya

Profil Saya

FORUM GURU PENGGERAK

 
FORUM GURU PENGGERAK
Public group · 95 members
Join Group
Group ini diharapkan menjadi media tempat berbagi dan eksplorasi pengetahuan, pengalaman dan praktik Guru Penggerak untuk Indonesia Maju.
 

Search Artikel

JADWAL WAKTU SHOLAT


>> Sesuaikan jadwal dengan Klik drop-down Kota/Kab Anda >> Waktu imsak 10 menit sebelum waktu Shubuh

Followers

Statistik Blog

Online Real Time

CB