Pemberlakuan siswa belajar di rumah diperpanjang. Guru harus mendesain pembelajaran dari rumah untuk siswa bisa belajar di rumahnya masing-masing. Sebagian siswa dapat belajar secara online, tetapi sebagian lagi tidak dapat melakukannya.
Guru harus dapat mendesain pembelajaran berbasis online dan offline agar semua siswa mendapatkan layanan pembelajaran yang sama.
Berikut ini tulisan yang disadur dari whatsapp yang mudah-mudahan dapat membantu guru mendesain tugas bagi siswanya.
CONTOH SOAL LOTS DAN HOTS SEPUTAR COVID-19
Penyusun: Idris Apandi
(Penulis Buku Strategi Pembelajaran Aktif Abad
21 dan HOTS)
Jenis Soal :Essai
A. Lower Order Thinking Skills (LOTS)
- C-1 (Mengetahui):
1. Apa nama virus yang saat ini menjadi wabah
di banyak negara di dunia?
2. COVID-19 pertama kali ditemukan di negara
mana?
3. Apa nama binatang yang diduga menjadi
penyebar COVID-19?
4. Sebutkan ciri-ciri tempat yang menjadi
tempat penyebaran COVID-19?
5. Sebutkan gejala-gelaja orang yang terkena
COVID-19?
6. Berapa hari masa inkubasi COVID-19?
7. Apa saja bahan-bahan yang bisa digunakan
untuk membuat hand sanitizer sendiri?
8. Apa saja bahan-bahan yang bisa digunakan
untuk membuat disinfektan sendiri?
9. Apa saja tanaman herbal yang dapat mencegah
COVID-19?
10. Apa saja nama Alat Pengaman Diri (APD)
yang digunakan oleh dokter dan perawat saat menangani pasien COVID-19?
11. Sebutkan beberapa nama rumah sakit yang
menjadi rujukan bagi pasien COVID-19!
12. Berapa jarak yang aman antara satu orang
dengan orang yang lain dalam social distancing?
13. Apa saja hal positif dan produktif bisa
yang dilakukan jika warga diwajibkan untuk melakukan karantina mandiri di rumah
untuk mencegah peredaran COVID-19?
- C-2 (Memahami):
1. Bagaimana proses penyebaran COVID-19?
2. Jelaskan penyebab seseorang terpapar COVID
19!
3. Apa dampaknya jika seseorang yang telah
terpapar COVID-19?
4. Mengapa orang yang telah berstatus Orang
Dalam Pemantauan (OPD) COVID-19 harus dikarantina selama 14 hari?
5. Apa akibatnya jika seorang penderita
COVID-19 terlambat ditangani oleh tenaga medis?
6. Mengapa pemerintah menerapkan kebijakan
bekerja di rumah, belajar di rumah, dan beribadah di rumah untuk mengantisipasi
penyebaran COVID-19?
7. Apa manfaat bekerja di rumah, belajar di
rumah, dan beribadah di rumah yang suka disebut karantina mandiri dalam
mencegah penularan COVID-19?
8. Mengapa sabun cuci tangan lebih efektif
membunuh virus atau kuman dibandingkan hand sanitizer?
9. Mengapa orang disarankan berjemur di pagi
hari antara 30 menit sampai dengan 1 jam untuk mengantisipasi terkena COVID-19?
10. Mengapa masih ada orang yang menimbun
masker dan hand sanitizer disaat banyak orang yang lebih membutuhkannya?
11. Apa sanksi yang pantas diberikan kepada
orang yang menimbun masker dan hand sanitizer disaat banyak orang yang
membutuhkannya?
12. Bagaimana sikap kamu misalnya jika ada
salah satu anggota keluarga atau tetangga yang terkena COVID-19?
13. Setujukah kamu dengan kebijakan penutupan
tempat ibadah, pasar, dan pusat perbelanjaan untuk mencegah penyebaran
COVID-19? Jelaskan alasannya!
14. Pola hidup bersih dan sehat dapat mencegah
penyebaran COVID-19. Mengapa? jelaskan alasannya!
15. Apa yang harus dilakukan oleh masyarakat dalam
mendukung pemerintah menangani COVID-19?
16. Sebagai manusia yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan YME, bagaimana cara kita menyikapi wabah COVID-19?
17. “Diam di rumah untuk menyelamatkan diri
Anda dan orang lain.” Jelaskan maksud kalimat tersebut dikaitkan dengan
pencegahan COVID-19!
18. Dalam menghadapi wabah COVID-19,
masyarakat diimbau waspada dan tidak panik. Jelaskan maksudnya!
19. Apa perbedaan antara Orang Dalam
Pemantauan (ODP) dengan Pasien Dalam Pengawasan (PDP)?
- C-3 (Menerapkan):
1. Ceritakan cara pencegahan COVID-19 yang di
lingkungan tempat tinggalmu!
2. Ceritakan pola hidup bersih dan sehat di
rumahmu!
3. Bagaimana cara batuk atau bersin yang baik
dan beretika agar tidak menular kepada orang lain?
4. Bagaimana cara cuci tangan yang efektif
untuk menghindari COVID-19?
5. Deskripsikan cara social distancing yang
aman untuk menghindari COVID -19?
B. Higher Order Thinking Skills (HOTS)
- C-4 (Menganalisis):
1. Menurut kamu, mengapa terjadi panic buying
saat pemerintah mengumumkan COVID-19 telah masuk ke Indonesia?
2. Mengapa wabah COVID-19 sangat cepat
menyebar di Indonesia?
3. Mengapa pemerintah lebih memilih upaya
social distance dan physical distance dibandingkan dengan lockdown?
4. Apa dampak wabah COVID-19 terhadap
perekonomian masyarakat?
5. Menurut kamu, kelompok masyarakat mana yang
perlu diprioritaskan untuk menjadi sasaran rapid test COVID-19? Jelaskan
alasannya!
6. Menurut kamu, mengapa di lapangan sampai
banyak terjadi kelangkaan masker dan Alat Pengaman Diri?
7. Menurut kamu, apakah tindakan aparat
keamanan membubarkan kerumunan massa untuk mencegah penyebaran COVID-19 adalah
langkah yang tepat? Jelaskan alasannya!
8. Apa yang harus dilakukan oleh pemerintah
untuk menyadarkan masyarakat agar mau diam di rumah dalam waktu tertentu untuk
mencegah penyebaran COVID-19?
9. Setujukan kamu jika para tenaga kesehatan
yang menangani pasien COVID-19 diberikan tunjangan khusus oleh pemerintah?
Jelaskan alasannya!
10. Mengapa masyarakat masih banyak yang
percaya terhadap HOAKS seputar COVID-19?
11. Apa dampak HOAKS COVID-19 terhadap
keamanan dan ketertiban hidup masyarakat?
12. Apa yang harus dilakukan oleh pemerintah
dan masyarakat untuk mengatasi banyak beredarnya HOAKS terkait COVID-19?
13. Langkah-langkah apa yang harus dilakukan
oleh pemerintah untuk menekan semakin bertambahnya korban COVID-19?
14. Langkah-langkah apa yang harus dilakukan
oleh pemerintah terhadap masyarakat yang terdampak COVID-19?
15. Apa yang harus dilakukan oleh pemerintah
untuk menjaga ketersediaan kebutuhan pokok jika suatu saat diberlakukan
kebijakan lockdown?
- C-5 (Mengevaluasi):
1. Bagaimana sejauh ini kesiapsiagaan
pemerintah dalam menangani COVID-19?
2. Bagaimana kesiapan rumah sakit dalam
menangani menangani pasien COVID-19?
3. Bagaimana kesiapan tenaga medis dalam
menangani pasien COVID-19?
4. Bagaimana sejauh ini ketersediaan
penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tenaga medis yang menangani
pasien COVID-19?
5. Bagaimana efektivitas saluran cricis center
yang dibuat oleh pemerintah dalam memberikan informasi COVID-19 terhadap
masyarakat?
6. Bagaimana efektivitas kebijakan bekerja
dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah dari rumah dalam menekan
penyebaran COVID-19?
7. Bagaimana sejauh ini efektivitas upaya
social distance dan physical distance yang dilakukan oleh pemerintah dalam
menekan penyebaran COVID-19?
8. Bagaimana tingkat kesadaran masyarakat
terhadap kebijakan social distance dan physical distance yang diberlakukan oleh
pemerintah?
9. Bagaimana efektivitas pembatalan berbagai
kegiatan yang melibatkan banyak orang sebagai upaya mencegah penyebaran
COVID-19?
10. Bagaimana peran media dalam ikut
menyosialisasikan bahaya COVID-19?
11. Apa kritik dan saran Anda terhadap
pencegahan dan penanganan COVID-19 kepada berbagai pihak terkait?
- C-6 (Mencipta):
1. Buatlah sebuah video atau poster yang
isinya mengampanyekan kewaspadaan terhadap COVID-19!
2. Buatlah sebuah video atau poster yang
berisi dukungan terhadap pasien COVID-19 untuk bisa sembuh!
3. Buatlah sebuah video atau poster berisi
dukungan dan apresiasi terhadap tenaga kesehatan yang menangani pasien
COVID-19!
4. Buatlah sebuah video atau poster yang
berisi tutorial cara mencuci tangan baik agar terhindar dari COVID-19!
5. Buatlah sebuah puisi yang isi doa dan
apresiasi terhadap tenaga kesehatan yang menangani pasien COVID-19!
6. Buatlah laporan singkat berkaitan tentang
aktivitas kamu selama belajar di rumah!
7. Buatlah sebuah berita atau reportase
tentang upaya pencegahan COVID-19 di daerahmu!
Semoga bermanfaat
0 komentar:
Post a Comment
Tulisan komentar harap memenuhi Adab Sopan santun dan tidak ada unsur pelanggaran UU ITE